Monday, July 7, 2014

Menampilkan koordinat titik di ArcGIS 10


Untuk memperlancar pekerjaan pemetaan, ada kalanya kita membutuhkan koordinat X dan Y (Long/Lat) dari suatu data. Sebagai contoh saya mempunyai file titik TDT Orde 3 Kabupaten Boyolali. 


Titik Dasar Teknik (TDT) dalam pendaftaran tanah didefinisikan sebagai titik yang mempunyai koordinat yang diperoleh dari suatu pengukuran dan perhitungan dalam suatu sistem tertentu yang berfungsi sebagai titik ikat bagi keperluan penyiapan peta pendaftaran/peta dasar pendaftaran serta untuk keperluan rekonstruksi batas bidang tanah (Pasal 1 butir 13 Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997). Pengukuran TDT dapat dilaksanakan dengan metode terestris atau metode lainnya, sesuai dengan Pasal 7 PMNA/Ka.BPN Nomor 3 Tahun 1997 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997. Titik Dasar Teknik mempunyai peran yang penting dalam proses pemetaan dan pendaftaran tanah,


Ada 2 caranya, cara paling mudah untuk memunculkan angka koordinat X dan Y dalam point tersebut adalah menggunakan XTools Pro.


XTools Pro adalah seperangkat analisis vektor yang berguna dalam analisis spasial, melakukan konversi bentuk, dan alat-alat manajemen tabel ArcGIS serta sangat meningkatkan fungsi ArcGIS dan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan ArcGIS ke tingkat yang baru dalam efisiensi dan kinerja.
XTools Pro mencakup lebih dari 60 alat untuk analisis spasial vektor, konversi bentuk, dan manajemen table dan 40 alat geoprocessing. Fungsi yang paling penting dikumpulkan dalam sebuah toolbar tunggal untuk pengguna ArcGIS. Alat baru yang berguna membantu menghemat waktu Anda dan membuka peluang unik untuk bekerja dengan data geografis

 

Saat ini aplikasi ini sudah berkembang hingga versi 9.2. Untuk yang sudah menggunakan ArcGIS 10.1 Bisa menggunakan versi terbaru tersebut. 
Menampilkan data (dalam format point) yang akan dimunculkan koordinatnya, karena data yang saya punyai adalah masih dalam bentuk file AutoCad.dwg maka perlu dikonversi lebih dahulu menjadi file ArcGIS.shp lihat posting Cara mengubah *dwg (autocad) menjadi *shp (arcgis)



Setelah dikonversi


Pada toolbar  XTools Pro - Pilih Table Operations - Add XYZ Coordinates



Akan muncul jendela berikut, kemudian klik Ok



hasilnya dapat dilihat dengan cara

hasilnya,



Cara diatas adalah cara pertama yang dilakukan dengan bantuan aplikasi Xtools pro. Cara kedua dilakukan pada ArcGIS sendiri. Cara melakukan prosedur ini, yakni dengan membuka atribut tabel dari data yang akan dihitung geometrinya, 

Menambahkan kolom baru untuk koordinat x



 
Lakukan hal yang sama untuk memperoleh koordinat y, Menambahkan kolom baru untuk koordinat y
 


Kemudian klik kanan pada kolom untuk koordinat x– Calculate Geometry. 
 

Akan muncul jendela berikut, klik Ok

Hasilnya,



Lakukan hal yang sama untuk memperoleh koordinat y, klik kanan pada kolom untuk koordinat y – Calculate Geometry. 


Hasilnya,

####SEMOGA BERMANFAAT####

5 comments:

Post a Comment