Thursday, October 24, 2013

Cara mengubah *dwg (AUTOCAD) menjadi *shp (ArcGIS)

Dalam membuat peta sering kali kita perlu memadukan beberapa macam software, dan software yang sering kali digunakan adalah autocad dan arc gis. berikut langkah mengubah file dengan format *dwg menjadi *shp
1. Buka file *dwg di autocad

ket: contoh merupakan peta batas administrasi Kab. Boyolali dengan format *dwg

2. Klik Map - Tool - Export

3. Kemudian akan muncul jendela ( pilih tempat penyimpanan dan nama hasil konversi ) klik "Ok"
ket: berikut contoh diberi nama *convert

4. Jendela Selanjutnya akan muncul klik, isikan line apabila hasil yang dihasilkan berupa garis. klik "select all" pilih layers yang akan dikonversikan.

ket: karena peta administrasi pada contoh merupakan line/polyline maka klik "line"

 5. Pilih "Data" berikut akan dipilih jenis atribut yang akan dihasilkan pada file *shp nanti
6. Klik "Select attributes" (Silahkan Dipilih sesuai kebutuhan dan peta yg akan dikonversi) Klik "Ok"
ket: Berikut contoh di centangin semua biar gampang dan komplit data nya.

6. Selesai, File *dwg sudah dikonversi jadi *shp...
7. Dibuka di Arc Gis. klik add data - pilih file converter.shp nya tadi.
8. Hasilnya.

8 comments:

  1. Makasih infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. saya mengexport data trase jalan yang berisi info stationing dan elevasi dari dwg ke shp tapi kok tidak bisa ya.....padahal sudah saya coba pilih satu persatu.....peringatannya jumlah obyek yang saya pilih filtered out....mohon infonya....terima kasih

    ReplyDelete
  3. kok saya menubar map nya gak ada yaaa. gimana cara munculinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak, saya juga mengalami hal yg sama. saya menggunakan autocad 2019.
      apakah kaka sudah menemukan caranya?

      Delete
  4. maap pak ijin bertanya
    kalau semisal shp nha engga itu gimana Pak
    apa perlu di instal dulu
    maap saya masih tahap belajar
    terimakasih

    ReplyDelete
  5. mungkin ini bisa membantu, anda klik menu customize, kemudian pilih customize mode, biasanya pilih draw, editor, georeferencing, layout, main menu, standard dan tools

    ReplyDelete