Wednesday, July 9, 2014

Mengambil Data Elevasi dari DEM dengan ArcGIS 10

Pada posting sebelumnya telah dibahas tentang cara menambahkan koordinat x dan y ke dalam atributte points/titik. Suatu ketika jika kita membutuhkan nilai elevasi atau koordinat z dengan cara mudah tanpa pengukuran bisa dilakukan dengan mengambil nya dari DEM, Secara gratis dapat diperoleh dari SRTM dan Aster untuk ditambahkan ke dalam attribute point.

Berikut points nya gan,,,


Atributte points...

Dalam posting ini saya akan mengambil nilai elevasi dari DEM SRTM dan GDEM ASTER. Masukan data DEM ke layer Arc GIS 10.


Buka Arc Toolbox pilih Analysis Tool > Extraction > Extract value to points


Akan mucul jendela berikut...


Klik Ok. Maka hasil akan muncul pada layer point yang baru muncul tersebut. Bisa kita lihat attributenya.


Kolom baru telah muncul, itulah nilai elevasi yang diambil dari DEM Aster pada titik tersebut.

Bisa kita ingin mengubah keterangan kolomnya dengan klik kanan > propertis


Pada jendela ini ubah menjadi “Elevasi”, klik OK


Hasil atrribute nya


Hal tersebut juga dapat dilakukan pada DEM lainnya. Untuk DEM SRTM



Berikut hasil perbandingan elevasi yang diambil Dari DEM SRTM dan GDEM ASTER


####SEMOGA BERMANFAAT####

6 comments:

  1. saya sudah coba langkah-langkah diatas, tapi ketika di run hasilnya error. salah di output point features nya. diketerangan nya output point features empty.

    ReplyDelete
  2. mantap kaka, terima kasih artikelnya. bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak artikelnya sangat bermanfaat. sukses ya bang.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat dan membantu saya. sukses slalu buat adminya.
    janggan lupa ya kunjungi web kampus saya ISB Atma Luhur

    ReplyDelete
  5. Terimakasih kakak atas artikelnya bermanfaat sekali semoga saya bisa menerapkan ilmunya dan bisa saling berbagi.O iya perkenalkan nama saya Deta Ekabrahma, dan nim saya 15115000070, kampus saya ISB Atma Luhur

    ReplyDelete