Thursday, April 13, 2017

Pan Sharpening (Fusi) Citra Pleiades dengan ENVI

Pan Sharpening merupakan salah satu pengolahan citra satelit yang bersifat penajaman secara spasial, dengan kata lain Pan Sharpening yaitu Fusion atau penggabungan 2 data yang memiliki resolusi spasial berbeda. Contoh penggunaanya bisa dilihat pada gambar dibawah ini, citra satelit multispektral digabungkan dengan citra satelit pankromatik sehingga menjadi citra satelit multispektral dengan resolusi spasial yang lebih tinggi. (http://www.citrasatelit.com)

1. Persiapan Citra Satelit. (Citra Pleiades)
Pleiades merupakan satelit penghasil citra satelit resolusi tinggi yang dibuat oleh perusahaan Airbus Defence & Space. Satelit Pleiades saat ini sudah memasuki generasi kedua yang diberi nama Satelit Pleiades 1B, yang diluncurkan pada tanggal 2 Desember 2012, sedangkan untuk Satelit Pleiades 1A yang merupakan Satelit Pleiades generasi pertama, diluncurkan pada tanggal 16 Desember 2011.
Satelit Pleiades menghasilkan data citra satelit dalam dua moda, yaitu moda pankromatik dan moda multispektral. Citra satelit dalam moda pankromatik mempunyai resolusi spasial 0.5 meter dengan jumlah band yaitu 1 band (pankromatik), sedangkan citra satelit dalam moda multispektral mempunyai resolusi spasial 2 meter dengan jumlah band yaitu 4 band (VNIR – Visible Near Infra Red).

Rangkuman Spesifikasi Teknis Satelit Pleiades :

- Produk Citra Satelit :
1. PANSHARP Product : 0.5 meter warna natural (3 Band – RGB)
2. Bundle Product : 2 meter citra satelit moda multispektral (4 Band – VNIR) dan 0.5 meter citra satelit moda pankromatik (1 Band – Pankromatik)

- Resolusi Spektral :
1. Band Pankromatik : 480 – 830 nm
2. Band Biru : 430 – 550 nm
3. Band Hijau : 490 – 610 nm
4. Band Merah : 600 – 720 nm
5. Band Inframerah Dekat : 750 – 950 nm


2. Menampilkan Citra dalam software ENVI 4.5

3. Terdapat beberapa metode dalam pengolahan citra pan-sharpend dengan berbagai macam algoritma yang ditawarkan. Pada tutorial ini medode yang digunakan adalah Gram Schmith Spectral Shrpening dengn Software ENVI 4.5

4. Akan muncul jendela berikut

5. Pada spatial subset gunakan 3 band saja, karena band ke 4 adalah VNIR. Klik OK

6. Pada jendela input ini, pilih data citra pankromatik, klik OK
 

7. Muncul jendela berikut, Klik OK
 

8. Tunggu Hingga proses selesai
 

 9. Berikut citra multispektral (Resolusi spasial 2 m) , pankromatik (Resolusi spasial 0.5 m) dan hasil Pan Sharpening (Resolusi spasial 0.5 m).

  
 

####SEMOGA BERMANFAAT####

0 comments:

Post a Comment