Friday, April 14, 2017

Aplikasi untuk mereview data Rinex

Apa itu RINEX ?

RINEX berasal dari singkatan Receiver INdependent EXchange Format yaitu format standar yang kini diadopsi untuk pertukaran data survei GPS dan navigasi preisisi. Teknologi ini telah dikembangkan oleh Astronomical Institute of the University of Berne sejak tahun 1989. Data RINEX merupakan data mentah dari sebuah pengukuran GPS secara statik. Data RINEX berbentuk kode-kode yang sulit dipahami. Data tersebut dapat diproses menggnakan sofware - software khusus seperti Topcon Tool, GAMIT dll. Pengukuran secara statik untuk mengambil data RINEX ini biasanya dilakukan apabila ingin mendirikan dan membuat base station karena memiliki ketelitian yang baik.
Dari awal munculnya format RINEX telah mengalami perkembangan Versi 1 tahun 1989, Versi 2 tahun 1990, Versi 2.0 th 2002, Versi 2.11 th 2005, Versi, 2.20 th 2002, Versi 3.0 tahun 2007, Versi 3.01 tahun 2009.

 Contoh data Rinex Stasiun GNSS Cors

jika pada postingan sebelumnya telah saya postingkan cara membaca data rinex maka dalam kesempatan kali ini saya mencoba menuliskan cara mereview data rinex dengan aplikasi JAVAD Rinex viewer, aplikasi tersebut dapat didownload secara gratis dan di instal pada Windows OS.
Aplikasi tersebut akan sangat membantu para geodet dan pengguna GNSS untuk mereview data hasil pengukuran GPS berformat Rinex. aplikasi ini jika memiliki tampilan sederhana dan sangat mudah ddigunakan untuk mendeteksi kesalahan atau error pada saat pengamatan GPS. Serta sudah mendukung untuk mereview banyak data dari satelit GPS GLONASS SBaS dan Galileo.

1. Buka aplikasi Rinex Viewer
 
2. Tampilan awal aplikasi

3. klik Input file dan browse pada penyimpanan data Rinex, lalu klik Scan

4. Maka akan muncul jendela Summary, pada jendela ini anda sudah dapat melihat review data rinex.
 (No Error)

saya coba menghapus beberapa bagian pada data observation Rinex dan saya review maka akan ada terlihat adanya Error.

5. pada aplikasi ini kita juga dapat digunakan melihat detail dalam data rinex


- Epoch > memperlihatkan waktu epoch dengan interval perekaman 30 detik dan jumlah epoch 2880. data perekaman bagus dengan Gaps 0 dan Missing epoch 0. pada tabel memperlihatkan waktu Epoch, jumlah satelit yang terekam pada waktu epoch, dan no urut epoch
Contoh Epoch Interval 30 detik

Contoh Epoch Interval 1 detik
 
- Header > memperlihatkan banyak informasi disini, sesuai dengan header data Rinex
 Contoh header data pengamatan satsiun GNSS Cors (Double Frekuensi)

Contoh header data pengamatan GPS (Double Frekuensi)

 Contoh header data pengamatan GPS (Single Frekuensi)

 ####Bersambung####

0 comments:

Post a Comment