Thursday, June 11, 2015

Setting GPS Untuk Pengukuran Metode RTK NTRIP - CORS (Leica Viva GS) Part3


Salah satu teknologi pemetaan yang mulai dikembangkan di Indonesia yaitu GNSS CORS (Global Navigation sattelite system Continuosly Operating Reference Stations). Banyak dari instansi pemetintah maupun swasta yang mengembangkan teknologi ini untuk kebutuhan rekayasa dan penelitian yang berkaitan dengan posisi. CORS merupakan jaring kerangka geodetik aktif berupa stasiun permanen yang dilengkapi dengan receiver yang dapat menerima sinyal dari satelit GPS dan satelit GNSS lainnya, yang beroperasi secara kontinu selama dua puluh empat jam (Yustia, 2008). Sehingga fungsi dari CORS ini nantinya dapat digunakan dalam pemetaan situasi dengan menggunakan metode RTK (Real Time Kinematic). Sistem RTK merupakan prosedur DGPS (Differential Global Positioning System) menggunakan data pengamatan fase, yang mana data atau koreksi fase dikirim secara seketika dari stasion referensi ke receiver pengguna. Dengan adanya radio modem atau sistem NTRIP (Networked Transport Of RTCM Via Internet Protocol) sehingga proses pengiriman data atau koreksi fase dapat dilakukan secara seketika, membuat informasi posisi yang dihasilkan oleh sistem ini dapat diperoleh secara seketika. 
Pada posting kali ini saya akan  menjabarkan  detail Pengaturan Rover / Receiver yang dilakukan sebelum melakukan pengukuran dilapangan Metode RTK - NTRIP dengan GNSS CORS merek LEICA.

Tahap pengukuran GPS metode RTK NTRIP - CORS pada GS14 terdiri dari beberapa tahapan, yaitu :
1. Membuat Job
2. Membuat profil internet untuk sambungan serta mengirim koreksi dari Stasiun Base
3. Pengukuran Real Time Kinematik ( RTK NTRIP )

Berikut lanjutan dari posting sebelumnya langkah kedua yaitu Membuat profil internet :
- Pada jendela Optional internet connection setting biarkan kedua pilihan tidak tercentang.

- Kemudian pilih create a new server. jika server ini telah dibuat pilih select a server. Untuk melakukan perubahan pada setingan server pilih edit a server.

- Masukan parameter-parameter server seperti nama server (tidak harus sama), addres ip sever (harus sama) dan port. Untuk menggunakan data koreksi beri tanda centang pada use NTRIP with this server. Masukan used ID dan password. Kemudian tekan next.

- Kemudian pilih enter mountpoint manulally,

- Mountpoint ini merupakan produk yang dibuat oleh server CORS. Kemudian tekan next.

- Jika menggnakan network CORS, maka receiver RTK correction from TK network dicentang, Jika hanya menggunakan single Base CORS maka dibiarkan tidak diberi tanda centang pada kedua pilihan tersebut.

- Pilihan RTK data format adalah RTCM v3, kemudian pilihan sensor at base dan antenna at base pada automatically detect, Kemudian use auto coordinate system dan receiver RTK network information beri centang.

- Setting GPS sudah selesai dan tekan finish.

- Jika semua setting telah benar, maka akan keluar konfirmasi dan akan terhubung dengan server cors. Perhatikan lingkaran jika settingan telah  benar maka tanda panah ini akan bereaksi dan bergerak-gerak.
####SEMOGA BERMANFAAT####

0 comments:

Post a Comment