Saturday, June 13, 2015

Setting GPS Untuk Pengukuran Metode Statik (Leica Viva GS) Part2


Langkah pengukuran GPS metode statik pada GS14 terdiri dari beberapa tahapan, yaitu :
1. Membuat Job dan pengaturan sistem koordinat yang akan digunakan
2. Pengukuran alat atau instrument pada controller
3. Pengukuran Statik 

Setelah langkah pertama telah dijelaskan pada posting sebelumnya, saya lanjutkan pada langkah yang kedua yaitu pengukuran alat atau instrument pada controller, berikut langkahnya :
- Pengaturan instrumen ada pada menu utama, pilih instrumen 

- Pada menu instrumen terdapat 3 menu, yaitu GPS setting, connect to instrumen, dan instrumen status. Pada saat start up GPS biasanya konroler langsung terhubung melalui bluetooth. Pilih GPS Settings.

- Pada menu GPS setting, terdapat beberapa menu seperti gambar dibawah ini. Pilih menu Raw data logging. 

- Klik atau beri centang pada Log data for post processing

- Pada menu data logging anda dapat memilih data yang akan diukur akan disimpan ke kontroler atau SD card (dalam GPS, metode yang akan digunakan yaitu metode statik, pada rate pilih sampling yang digunakan misalkan 1 secon, data type dapat menggunakan leica format (MDB) atau format file rinnex, kemudian tekan Ok,


- Selanjutnya kembali ke menu GPS settings, pilih quality control.

- Pada quality control, beri tanda centang pada "Automatically store point", tanda centang tersebut mempunyai maksud bahwa pada saat anda selesai mengukur, kemdian menekan stop dan data akan otomatis tersimpan, apabila tidak diberi tanda centang maka harus menekan tombol stop kemudian store, klik Ok untuk menyimpan pengaturan.

- Pada menu antenna height, anda dapat melakukan pengaturan tinggi antenna yang digunakan. Pada antena pilih sesuai type dan masukan tinggi alat ke "antenna heigt when measuring point" pengukuran tinggi alat dilakukan menggunakan height hook secara vertikal dari tribanch ke patok.

Keterangan :
(Height Hook)

####Bersambung####

0 comments:

Post a Comment