Thursday, June 11, 2015

Mengukur Jarak dengan Distometer (Leica A6)


Apa sahabat geodet tau distometer ??? Pernah Menggunakannya ???  kini saya mempunyai kesempatan untuk mempelajari alat ini dan mencoba saya share ilmu kepada sahabat geodet semua.

Distometer atau biasa juga disebut Laser meter serbaguna untuk mengukur jarak dengan menggunakan laser ! Dilengkapi dengan digital Pointfinder, resolusi tinggi 2.4” layar digital, sensor 360° dan tekhnologi bluetooth, Leica Distometer benar-benar pertama di dunia yang menawarkan pilihan untuk mengukur. (Bukan Iklan) Intinya alat ini adalah pengganti dari meteran yang membuat pemakainnya lebih praktis tanpa gulung2 seperti halnya meteran manual.


Berikut cara singkat Mengukur Jarak dengan Distometer (Leica A6) :
1. Menyalakan disto, dengan menekan tombol berikut

2. Jika target berada dekat, kita dapat langsung mengarahkan laser pada target, dan untuk menyalakan laser dengan menekan tombol sama diatas. Lalu tekan kembali untuk mendapatkan jaraknya (jarak muncul pada layar digital).

Keterangan : Jika anda menginginkan jarak mendatar maka pastikan gelembung nivo berada pada tengah atau dalam keadaan mendatar.

3. Namun jika target berada jauh dimana laser target sudah tidak terlihat, kita dapat membidiknya menggunakan teropong yang ada pada sisi kanan distometer.

Keterangan: Berikut posisi kita (Posisi badan menyamping) saat membidik target yang berada jauh dari kita dengan menggunakan teropong.

####SEMOGA BERMANFAAT####

2 comments:

Post a Comment