Tuesday, June 30, 2015

Pengukuran GPS Metode Statik dengan Topcon Hiper Gb

Sudah lama tidak posting, kali ini saya mencoba mengingat kembali ilmu lama, yang saya dapatkan saat  masih kuliah dulu, yaitu cara pengukuran GPS metode statik dengan Topcon Hiper Gb. Alat GPS ini merupakan salah satu type GPS yang dimiliki oleh Jurusan Teknik Geodesi UNDIP yang biasa digunakan saat praktikum dulu. Berhubung saya juga sudah lama tidak menggunakan alat ini maka mohon koreksinya jika ada kesalahan. Dan yang paling penting semoga ilmu ini bermanfaat buat para geodet. 


GPS Geodetic pada gambar diatas adalah salah satu produk Topcon dengan type Hiper Gb yang memiliki sistem penerima (receiver) dual frekuensi yaitu mampu menangkap dua signal L1 dan L2 bersamaan. GPS tersebut umumnya digunakan untuk keperluan survey dengan tingkat akurasi tinggi dan tingkat kesalahan dibawah centimeter, misalnya kegiatan survey kontruksi, jalan raya, pengeboran dan lainnya. Kekurangan pada alat ini yaitu hanya bisa menerima sinyal dari satelit GPS saja.(tidak bisa menangkap sinyal dari satelit GLONASS).
Berikut langkah kerja Pengukuran GPS Metode Statik dengan Topcon Hiper Gb:
1. Mendirikan statif di atas patok atau BM

2. Sentering tribach diatas statif

3. Memasang alat GPS pada tribach yang sudah di sentering

4. Mengukur dan mencatat tinggi alat GPS terhadap Bench Mark ( BM ) - Catat juga nama titik yang diukur (misal BM01) dan waktu dilakukannya pengukuran.

5. Berikut tombol panel untuk mengoperasikan GPS Topcon Hiper Gb

- Untuk menyalakan GPS tekan dan tahan tombol power yang berwarna hijau hingga lampu menyala. Pada awalnya lampu STAT akan menyala warna merah untuk sesaat.

- Ketika GPS telah memperoleh sinyal dari satu atau lebih satelit maka lampu STAT akan berkedip hijau sebanyak jumlah satelit yang diperoleh. ( Misalkan lampu STAT berkedip hijau sebanyak 8 kali berarti GPS telah memperoleh sinyal dari 8 satelit ) hal ini juga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengukuran GPS karena semakin banyak satelit yang diperoleh GPS maka hasil pengukuran juga bisa semakin baik.

- Selain lampu STAT, Lampu yang menyala adalah lampu BATT yang akan berkedip setiap 5 detik dan ini merupakan indikator baterai. Menyala Hijau yang menunjukan sisa daya dalam baterai diatas 85%, menyala oren untuk sisa daya dibawah 85% hingga 15 % dan menyala merah untuk daya dibawah 15 %. Untuk daya baterai ini harus diperhatikan, usahakan untuk mengisi daya baterai GPS hingga full dahulu sebelum melakukan pengukuran.

- Untuk pengamatan GPS yang memerlukan waktu lama atau lebih dari 8 jam (Misalkan pada Base) dianjurkan untuk menggunakan baterai eksternal (menggunakan aki).

- Jika GPS telah terhubung dengan baterai eksternal maka lampu indikator BATT akan menyala terus (tidak berkedip).

- Untuk memulai proses record, tekan dan tahan tombol Fn selama 1-5 detik hingga indikator REC menyala hijau. Lampu berkedip setiap data record tersimpan dalam memori.

- Untuk menghentikan proses record, tekan dan tahan tombol Fn selama 1-5 detik hingga lampu indikator REC mati. 

- Jika indikator REC berwarna merah dimungkinkan adanya masalah pada hardware atau penuhnya memori GPS sehingga gagal melakukan record.

6. Me Resest GPS, langkah ini digunakan jika GPS tidak ada respon ketika kita menekan tombol Fn atau Power (GPS eror). Atau untuk hard reset GPS (seperti halnya kita mereset komputer ketika eror). Tekan dan tahan tombol reset selama 1 detik saja.

7. Untuk masuk pada mode Sleep/ Hibernate GPS tekan dan tahan tombol power hingga saat lampu STAT dan REC menyala hijau secara bersamaan maka lepas tombol power.

- Mode Sleep atau hibernate ditunjukan dengan masih menyala dan berkedipnya indikator BATT ( lampu lain mati)

8. Yang terakhir untuk mematikan GPS tekan tombol power hingga saat lampu STAT dan REC menyala merah secara bersamaan maka lepas tombol power.

-GPS mati dan semua indikator lampu tidak ada yang menyala lagi

####SEMOGA BERMANFAAT####

0 comments:

Post a Comment