Friday, October 17, 2014

Setting GPS untuk Pengukuran dengan CORS GNSS Metode RTK - NTRIP (Javad) #1

Salah satu teknologi pemetaan yang mulai dikembangkan di Indonesia yaitu GNSS CORS (Global Navigation sattelite system Continuosly Operating Reference Stations). Banyak dari instansi pemetintah maupun swasta yang mengembangkan teknologi ini untuk kebutuhan rekayasa dan penelitian yang berkaitan dengan posisi. CORS merupakan jaring kerangka geodetik aktif berupa stasiun permanen yang dilengkapi dengan receiver yang dapat menerima sinyal dari satelit GPS dan satelit GNSS lainnya, yang beroperasi secara kontinu selama dua puluh empat jam (Yustia, 2008). Sehingga fungsi dari CORS ini nantinya dapat digunakan dalam pemetaan situasi dengan menggunakan metode RTK (Real Time Kinematic). Sistem RTK merupakan prosedur DGPS (Differential Global Positioning System) menggunakan data pengamatan fase, yang mana data atau koreksi fase dikirim secara seketika dari stasion referensi ke receiver pengguna. Dengan adanya radio modem atau sistem NTRIP (Networked Transport Of RTCM Via Internet Protocol) sehingga proses pengiriman data atau koreksi fase dapat dilakukan secara seketika, membuat informasi posisi yang dihasilkan oleh sistem ini dapat diperoleh secara seketika. 
Pada posting kali ini saya akan  menjabarkan  detail Pengaturan Rover / Receiver yan g dilakukan sebelum melakukan pengukuran dilapangan Metode RTK - NTRIP dengan GNSS CORS merek JAVAD.

A.) Spesifikasi alat

Javad Triumph-1 merupakan salah satu tipe receiver GNSS dari Javad GNSS Inc. Receiver ini mampu menangkap channel satelit hingga 216 channel (termasuk sinyal GPSL2C, GPS L5, GLONASS C/A L2, dan Galileo). Receiver ini merupakan tipe receiver yang kompak, dimana receiver dan antenna GNSS menjadi satu dan juga memiliki baterai internal untuk pengukuran hingga 15 jam.

Terdapatnya Bluetooh (optional), Wifi (optional), Internal GSM (SIM Card) dan Radio Modem UHF (optional), akan sangat memudahkan pengguna dalam melakukan pengukuran menggunakan metode RTK.
 ( CORS GNSS Merk Javad)
Untuk kemudahan pengguna, Javad memiliki OAF (Option Authorization File), yaitu sistem upgrade receiver dengan menggunakan sebuah File. Dan receiver jenis ini lah yang banyak digunakan di kantor pertanahan  / BPN untuk pengukuran bidang tanah serta digunakan juga di beberapa jurusan Teknik Geodesi untuk praktek pengukuran. 

B.) Seting Alat
1. Nyalakan Triumph menggunakan tombol ( I )
2. Maka Lampu indikator pada receiver akan menyala, berikut kode lampunya

3. Nyalakan Victor data collector dengan tombol on/off
4. Pilih RTK dari Main window
5. Maka akan muncul tampilan jendela RTK (Lite View) 

6. Jika belum terkoneksi antara data collector dan receiver maka simbol Bluetooth akan berwarna merah (lihat kotak & lingkaran hitam). Untuk melakukan koneksi klik tombol tersebut dan pilih receiver sesuai SN (jika sudah pernah melakukan pairing), jika belum pairing dapat memilih Search Bluetooth Receiver 
7. Jika koneksi Bluetooth antara Receiver dengan Data Colector sudah dapat dilakukan maka Icon Bluetooth akan berubah menjadi hijau. 
- Keterangan tampilan di Data Colector
8.  Pilih tombol  --> ( pojok kanan atas )untuk memilih mode Extended. Pilih tombol file management (gambar folder dipojok kiri bawah) untuk membuat Job. Pilih tombol New dan isikan nama Job
9. Isikan Nama Job, Deskripsi Job, nama surveyor yang mengukur jika diperlukan. Pilih Create untuk eksekusi pembuatan Job.
10. Untuk membuat Sistem Koordinat baru (Mis : UTM Zone 49S untuk wilayah UNDIP Semarang dan sekitarnya) pilih tombol Tab CS (Sebelah Kiri). Kemudian pilih tombol (kotak biru pada pojok kanan atas) untuk memilih koordinat sistem yang diinginkan.
11.  Pilih koordinatnya dan pilih  OK.
12. Kemudian pilih tombol seting untuk untuk melakukan setting RTK.        

keterangan :

13. Pilih tombol New Receiver Style untuk membuat seting baru, maka akan muncul dialog seperti gambar 3-8 berikut. Isikan nama setting RTK tersebut. 
14. Misalkan beri nama : rtk ntrip.
15. Dan input deksripsi nya
16. Klik next kemudian pada correction source pilih Internet (Ntrip, RCV).
17. Kemudian klik Next untuk base antena, 
18. Pilih tipe antenna pada receiver. Klik Next.
 #### Bersambung ####

1 comments:

Post a Comment