Wednesday, November 26, 2014

Setting Receiver untuk Pengukuran dengan CORS GNSS Metode RTK - NTRIP (Trimble) #2

Salah satu teknologi pemetaan yang mulai dikembangkan di Indonesia yaitu GNSS CORS (Global Navigation sattelite system Continuosly Operating Reference Stations). Banyak dari instansi pemetintah maupun swasta yang mengembangkan teknologi ini untuk kebutuhan rekayasa dan penelitian yang berkaitan dengan posisi. CORS merupakan jaring kerangka geodetik aktif berupa stasiun permanen yang dilengkapi dengan receiver yang dapat menerima sinyal dari satelit GPS dan satelit GNSS lainnya, yang beroperasi secara kontinu selama dua puluh empat jam (Yustia, 2008). Sehingga fungsi dari CORS ini nantinya dapat digunakan dalam pemetaan situasi dengan menggunakan metode RTK (Real Time Kinematic). Sistem RTK merupakan prosedur DGPS (Differential Global Positioning System) menggunakan data pengamatan fase, yang mana data atau koreksi fase dikirim secara seketika dari stasion referensi ke receiver pengguna. Dengan adanya radio modem atau sistem NTRIP (Networked Transport Of RTCM Via Internet Protocol) sehingga proses pengiriman data atau koreksi fase dapat dilakukan secara seketika, membuat informasi posisi yang dihasilkan oleh sistem ini dapat diperoleh secara seketika. 
Pada posting kali ini saya akan  menjabarkan  detail Pengaturan Rover / Receiver yan g dilakukan sebelum melakukan pengukuran dilapangan Metode RTK - NTRIP dengan GNSS CORS merek TRIMBLE.

A.) Spesifikasi alat
Trimble R8 GNSS Model 3 GPS Glonass Galileo Receiver with 450 to 470MHZ Rx/Tx Internal Radio 20hz update rate option enabled, TSC2 installed Survey Controller version 12.49 The R8 GNSS Model 3 is the latest GNSS RTK receiver from Trimble, and the best survey receiver on the market!  This item is in perfect working condition and looks brand new. Internal radio is receive and transmit, so this receiver can be used as an all-in-one base station, or rover.This unit tracks L1, L2, L2c, L5 Galileo, Glonass satellites.
 

Auction Includes:
- Trimble R8 Model 3: Dual frequency L1, L2, L2c, L5, Galileo, GNSS Bluetooth, RTK, 450-470mhz internal RX/TX radio
- TSC2 data collector running Survey Controller 12.49
- charger for data collector and receiver
- 2 Batteries
- Dual Bay Battery Charger
- antenna
- Trimble Hard Transport Case



B.) Seting Alat
16. dan Broadcast format pilih VRS (CMR) sesuai dengan penyediaan pada stasiun base
jika sudah klik 1/3 untuk melanjutkan pengaturan



17. muncul tampilan berikut


18. Input Type antena yang digunakan, sebagai contoh antena yang digunakan adalah model R8 GNSS, serta input tinggi antena misal 2 meter



19. klik 3/3 untuk seting selanjutnya memilih satelit yang digunakan yaitu GPS dan  GLONASS



20. Selanjutnya seting pada rover radio



21. Type nya pilih Internet conection



22. Dial Profile kita gunakan yang telah kita buat sebelumnya



23. pilih RTK


24. jangan lupa untuk mencentang "Prompt for dial profile". klik accept



25. Selanjutnya Seting topo point
 


####Bersambung####

0 comments:

Post a Comment