Wednesday, May 28, 2014

Menghitung Volume Galian dan Timbunan Untuk Rencana Pertambangan dengan AutoCad Land Development (ALD)

Dalam pekerjaan tanah (earthwork) Teknik geodesi,antara lain banyak diperlukan perhitungan volume tanah, baik untuk pekerjaan galian (cut) maupun pekerjaan timbunan (fill). dalam perhitungan tersebut selalu diperhatikan keseimbangan volume galian dan volume timbunan sedemikian rupa sehingga sedapat mungkin menggunakan tanah yang terdapat pada lokasi pekerjaan.
Pada Ilustrasi pekerjaan tanah ini akan diberikan 2 contoh data permukaan tanah yaitu permukaan tanah asli (original Ground) dan permukaan tanah yang direncanakan (Design Ground) untuk menjadi area  pertambangan.

Metode hitungan volume yang dipergunakan oleh ALD ada tiga metode, yaitu metode Grid , Metode Section cara Average End dan Metode Composite. Untuk lebih jelasnya tanya mbah google sendiri gan. 

Berikut langkah-langkahnya:
1. Yang pertama harus membuat gambar garis kontur permukaan tanah asli ( Original Ground ). Bisa dilihat pada posting sebelumnya tentang Membuat garis kontur di ALD. Klik Sini Gan...!!!

2.Membuat Tampilan Permukaan 3D Design Ground Pertambangan.LAngkah ini adalah untuk melihat area pengukuran secara visual dengan pandangan 3D.

Pilih Terrain - Set Current Surface.

Klik OK, Dan Kemudian Pilih Terrain-Surface Display - Grid of 3D Face.

Akan muncul jendela,

klik OK

Selanjutnya menampilkan permukaan (surface) 3D Area Pengukuran.

Untuk menampilkan kembali ke gambar semula,

3. Hitungan Volume Tanah antara Original Ground dan Design Ground

Pilih Terrain - Select Current Surface

Pilih salah satu surfacedengan meng-klik nama surface untuk persiapan hitungan volume.

Kemudian pengaturan batas lokasi area hitungan volume
Pilih terrain - site definition - define site

Nahhh persiapan selesai, selanjutnya sudah masuk proses menghitung nya, di bagi menjadi 3 metode ya gan. sesuai yang sudah saya katakan tadi. Silahkan plih menggunakan metode yang mana...

1. Menghitung Volume dengan metode Grid
Pilih Terrain - Grid Volume - Calculate Total Site Volume
Klik OK,
Klik OK lagi,
Klik OK lagi,dan hasilnya muncul di command (pojok kiri bawah)

2. Menghitung Volume dengan metode Composite
Pilih Terrain - Composite Volume - Calculate Total Site Volume
Klik OK,
 Klik OK lagi,
 Klik OK lagi,dan hasilnya muncul di command (pojok kiri bawah)

2. Menghitung Volume dengan metode Section End Area
Pilih Terrain - Sample Volume - Sample Section
Klik OK,
Klik OK lagi,
Pilih Terrain - Section Volume - Calculate Vlume Total
Klik OK lagi lagi,
  Klik OK lagi lagi lagi,dan hasilnya muncul di command (pojok kiri bawah)


Nahhh biar gak penasaran kita lakukan penelitian perbandingan perhitungan volume dengan ketiga metode tersebut. Begini cara menampilkan hasil seluruh hasil hitungannya gan...
Pilih Terrain - Volume Report - Site Report
Klik OK,


####SEMOGA BERMANFAAT#### 

Buat Lampiran Aja Gan...
Bumi sebagai tempat tinggal dan tempat hidup manusia dan makhluk Allah lainnya sudah dijadikan Allah dengan penuh rahmat-Nya. Gunung-gunung, lembah-lembah, sungai-sungai, lautan, daratan dan lain-lain semua itu diciptakan Allah untuk diolah dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh manusia, bukan sebaliknya dirusak dan dibinasakan.
Sesuai dengan ayat Allah SWT dalam Surah Al A’raf [7] Ayat 56-58 tentang Peduli Lingkungan, yang artinya :
“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepadanya rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. Dan dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahma Nya (hujan) hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu. Maka kami keluarkan dengan sebab hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. Dan tanah yang baik, tanam-tanamannya tumbuh dengan seizin Allah, dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami)bagi orang-orang yang bersyukur.”

2 comments:

Post a Comment