Friday, April 25, 2014

Import atau Download Data Total Station


Perkembangan terakhir dari theodolit yaitu munculnya generasi Station dan Smart Station. Total Station merupakan teknologi alat yang menggabungkan secara elektornik antara teknologi theodolit dengan teknologi EDM (Electronic Distance Measurement). EDM merupakan alat ukur jarak elektronik yang menggunakan gelombang elektromagnetik sinar infra merah sebagai gelombang pembawa sinyal pengukuran dan dibantu dengan sebuah reflektor berupa prisma sebagai target (alat pemantul sinar infra merah agar kembali ke EDM). Sedangkan Smart Station merupakan penggabungan Total Station dengan GPS Geodetic. Total Station dapat digunakan pada sembarang tahapan survei seperti survei pendahuluan, survei titik kontrol, dan survei pematokan. Total Station terutama cocok untuk survei topografi dimana surveyor membutuhkan posisi (X,Y,Z) dari sejumlah detil yang cukup banyak (700 sampai 100 titik per hari), dua kali lebih banyak dari data yang dikumpulkan dengan theodolit biasa dan EDM. Hal ini akan sangat berarti dalam hal peningkatan produktivitas  dan akan menjadikan cara ini dapat bersaing dengan teknik fotogrametri atau survei udara, apalagi telah dapat dihubungkan secara langsung dengan komputer dan plotter. Setiap jenis alat Elektronik Total Station (ETS) akan memiliki spesifikasi ciri tersendiri
dalam hal prosedur pemakaian maupun dalam penanganan datanya. Namun untuk mempelajari jenis ETS tersebut secara umum yang perlu dipelajari antara lain: Pengelolaan Basis Data, Spesifikasi dan Kemampuan, Sistem Operasi Instrumen.Pada pengukuran terestris dengan menggunakan alat ukur manual, perjalanan data dari ukuran sampai dengan penyajian digunakan formulir ukuran, hitungan, serta pengeplotan manual pada gambar manuskrip. Dengan alat Elektronik Total Station perjalanan data tersebut diusun dalam format tertentu yang dimengerti oleh sistem kerjanya. Agar perjalanan data tersebut tetap sama identitasnya, maka manajemennya harus terstruktur dan sistematis sesuai dengan aturan-aturan konsep pembentukan informasi grafis dalam bentuk gambar format digital.
Input data dari Total Station ke media komputer menggunakan perangkat lunak khusus yang dapat mengenali alat pada komputer dan umumnya telah tersedia dalam paket penjualan Total Station tersebut. Dalam posting ini saya hanya akan membahas software untuk import atau download data dari Total Station merk Topcon dan Sokkia saja. Berikut merupakan contoh software yang dipakai dalam input data.    
1. Prolink


Prolink adalah salah satu perangkat lunak bawaan produk Total Station Sokkia Ltd. Yang digunakan untuk proses pengiriman data dari alat ke perangkat komputer dan pengonversikan data ke format yang dapat diinput ke AutoCAD Land Development. Perangkat lunak ini melakukan downloading data koordinat XYZ dari alat hasil pengukuran di lapangan. Hasil proses downloading ini berisi data koordinat XYZ beraturan dengan format .sdr. dari format tersebut dapat dilakukan konversi ke format .txt yang mana format tersebut dapat diinput ke AutoCAD Land Development sehingga bisa dilakukan penggambaran.  
 (Alur Garis Besar Pekerjaan pada Prolink)




Step download dari alat:
 
Lembar kerja Prolink terdiri dari dua bagian, yaitu
a.    Send Recieve Window              
Send Recieve Window adalah jendela dialog yang digunakan untuk men-download dan meng-upload. Pada jendela ini ada dua ruang, satu ruang dari harddisk komputer dan lainnya dari memori alat yang mana user dapat memilih directory di dalam komputer ataupun dari memori alat sebagai tempat data yang akan ditransfer atau lokasi tujuan transfer. Diantara dua ruang tersebut terdapat tombol send dam recieve untuk melakukan operasi downloading dan uploading. 
Jendela dialog Send Recieve pada Prolink akan sebagai berikut :
b.  Field Book
Field Book merupakan jendela yang digunakan untuk menampilkan dan mengolah data yang berasal dari alat dalam format .sdr yang berisi data koordinat XYZ yang kemudian dikonversi ke format lain sehingga bisa diinput ke perangkat lunak yang lain, seperti format .txt yang bisa diinput ke AutoCAD Land Development. Data XYZ adalah modal utama dalam pembuatan peta. Untuk memunculkannya pengguna diharuskan terlebih dahulu membuat project terlebih dahulu yaitu dengan menyimpan file project dengan format .spp kemudian baru pengguna bisa mengolah data untuk melakukan konversi ke format yang diinginkan.

(Lembar Field Book)

(Data XYZ dalam Field Book yang Tereduksi)

  2. Topcon Link 
 
(Jendela Awal)
(Alur Garis Besar Pekerjaan pada Topcon Link)
  

Step Pengenalan Alat:

 
Topcon Link mempunyai tiga jendela utama yang muncul ketika proses pengiriman data dari alat ke dalam komputer pada lembar kerja utama, berikut  tersebut antara lain :
a. Import from Device
Merupakan jendela dialog yang digunakan untuk men-download atau meng-import data. Pada jendela ini terdapat dua kolom dimana satu ruang dari harddisk komputer dan lainnya dari memori alat Total Station. Jendela ini dapat dipanggil dalam tab File.
 (import from device)

b. Create Station
Membuat device yang akan disambungkan melalui program ini, sehingga dapat terbaca oleh komputer, pada jendela ini akan ditanyakan tentang spesifikasi alat yang akan disambungkan.
(Penamaan  Device)
d. Download file from Total Station
Dalam jendela ini dapat dimulai proses pengiriman data dengan mengikuti perintah yang ada, kemudian akan muncul data yang dikirim.

#### SEMOGA BERMANFAAT ####

4 comments:

  1. soft TransIT nikon ada ngk ? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  2. punya aplikasi prolink mas? kalo punya boleh lah dikirim email... terimakasih.

    ReplyDelete
  3. Bagaimana cara mengatasi jika transit error?

    ReplyDelete
  4. Selain prolink dan toplink, software2nya apalagi yg bisa download alat topcon?

    ReplyDelete