Thursday, March 20, 2014

Digitasi Peta di Arc GIS 10



Digitasi adalah proses mengkonversi obyek geografis dari data peta raster ke vektor, disini data raster  yang dimaksud adalah peta dengan format jpg. Software ArcGIS 10 mendukung beberapa metode digitasi, dengan digitizer tablet dan on screen digitizing. ArcGIS 10 juga sudah mendukung fitur tablet PC sehingga bisa langsung digitasi langsung di monitor dengan stylus pen. Untuk on screen digitizing langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 
a.       Memasukan data raster ke ArcGIS 10 Klik Add Data tambahkan ke ArcGIS peta hasil scanning atau peta dengan format jpg.


b. Memasang titik kontrol lapangan
Klik add control points. 
kemudian klik ke salah satu titik perpotongan grid.kemudian klik kanan dan pilih input X and Y. Masukan koordinat titik tesebut, koordinat dapat dilihat melalui bingkai peta. Lakukan hal ini pada beberapa titik yang lain minimal 4 titik pada perpotongan grid. Kemudian akan muncul nilai Error Mean Square (RMS) yang menunjukan tingkat ketelitian. Semakin banyak titik yang dimasukan maka akan semakin akurat rektifikasi data raster tersebut. 


c. Buat Shapefile 
Sebelum melakukan digitasi di ArcGIS, terlebih dahulu dibuat shapefile atau feature class kosong yang akan menampung data hasil digitasi. Shapefile/feature class ini dibuat melalui ArcGIS. Klik kanan pada folder tempat penyimpanan data, pilih New > Shapefile, kemudian Pada dialog Create New Shapefile, ketikkan nama shapefile di Name dan pilih tipe data yang sesuai di Feature Type.  Dan Klik Edit di bagian bawah kotak Spatial Reference, klik Select, pilih sistem koordinat yang sesuai dan klik Add.  


d. Digitasi
Klik tombol  editor pada toolbar Editor  lalu pilih Start Editing. Pastikan Create Feature Target : Peta Hutan Lindung . Klik tombol Polygon untuk memulai digitasi. Zoom ke salah satu obyek Hutan lindung hingga cukup jelas untuk di digitasi.

 

4 comments:

  1. Terimakasih atas tulisan yang bermafaat, semoga lebih dikembangakan lagi.
    Jangan lupa mampir ke website saya https://mayditarizki.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  2. terimakasih min untuk tutorialnya, sangat bermanfaat dan membantu, oooh ya min kalo boleh nanti shre juga yaa untuk digitasi peta yang menggunakan software mapInfo

    kunjungi website saya ya min : https://jupriyadi.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya : http://atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  3. Terimakasih infonya, setelah saya baca artikel ini saya jadi tahu ternyata digitasi itu mudah, di tunggu postingan berikutnya :)
    kunjungi website saya di https://fitriyanti.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya di http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete