Saturday, August 27, 2016

Export Raw Data Foto Udara Digital dengan Capture One

Foto udara merupakan hasil pemotretan pada satu daerah yang memiliki ketinggian tertentu menggunakan sebuah kamera pada ruang lingkup atmosfer. Contohnya, seperti proses pemotretan yang dilakukan di atas pesawat terbang, balon udara, helikopter, drone, dan berbagai wahana yang mengudara lainnya.
Keuntungan menggunakan foto udara yaitu memberikan hasil gambar atau menciptakan citra yang jauh lebih baik dan detail, tidak terkena awan, sistem pengoperasiannya berada di bawah awan. Sedangkan untuk kelemahan dari foto udara adalah terbangun atas berbagai kumpulan scene kecil yang sangat banyak, sistem pemotretan pada area yang jauh lebih luas dengan yang lain. Sistem pengoperasian foto udara tergantung dengan faktor cuaca dan angin. Contohnya, ketika menggunakan wahana pesawat memberikan hasil foto udara yang kurang stabil dan bagus jika dihempas tiupan angin yang kencang, hasilnya pun kurang optimal dan stabil.

Kelemahaan yang lain menggunakan foto udara, foto udara harus disertai dengan pengambilan ground point control lapangan untuk melaksanakan proses koreaksi geometrik. Jika tidak dilakukan seperti ini, hasilnya kurang akurat dan sangat rendah dari sisi geogmetrik. Jika dilihat dari biaya yang dikeluarkan foto udara lebih mahal dibandingkan menggunakan citra satelit karena banyak kebutuhan yang diperlukan. Mulai dari izin penerbangan jika menggunakan helikopter atau pesawat terbang, biaya operasional pesawat, biaya lapangan, pengambilan koordinat GCP dan masih banyak yang lainnya.

Pada posting kali ini saya menampilkan contoh hasil foto udara digital dengan Optech Cs1000 dengan klasifikasi alat sebagai berikut:
Sensor type = 80-Mpix full frame CCD, RGB
Sensor format (H x V) = 10320 x 7760 pixels
Pixel size = 5.2 x 5.2 ┬Ám
Lens = 50 mm/70 mm/120 mm/210 mm

Lanjuttt...

1. Berikut contoh Raw data foto udara dengan format digital.

2. Raw image tersebut berformat .iqq dengan ukuran ukuran per file sekitar 40 Mb.

3. Untuk software Pre Processing Image kita bisa menggunakan software bawaan Optech seperti Pixel Physics atau Capture One. Sehingga akan didapatkan output image berformat TIFF (10320 x 7760 pixels, 8 atau 16 Bit).
- Buka Aplikasi Capture One

- Tampilan awal, klik import pada pojok kanan atas

-Jendela Import, dan browse lokasi penyimpanan Raw data Foto udara, klik Import All

- Tunggu hingga proses selesai, cara ini juga dapat dilakukan untuk viewer pengecekan kualitas Foto udara saat setelah dilakukan pemotretan.
  
- Raw data Foto udara akan berwarna agak kemerahan seperti berikut

- Kita bisa mengubahnya dengan colour balance dengan meng klik Tool Pick White Balance berikut
  
- Raw Foto akan berubah

 - Untuk Mengubah foto lain secara otomatis klik Copy Adjustment

- Kemudian select semua foto atau Ctrl A, klik Aply Adjustment
  
- Secara otomatis semua foto akan berubah warna

- Untuk Mengexport menjadi Tiff, kita klik Export Image > Variant,

- Jendela Export dan settng image output yang di inginkan, kemudian klik Export

- Tunggu hingga proses selesai

- Hasil Output Foto Udara dalam format TIFF

4. Dalam Format Tiff ukuran file foto udara akan membesar dari 40 Mb (Raw Data) menjadi 458 Mb per image

####SEMOGA BERMANFAAT#### 

0 comments:

Post a Comment