Tuesday, March 29, 2016

Transformasi Koordinat TM3 ke UTM dengan Global Mapper

Sistem koordinat adalah sekumpulan aturan yang menentukan bagaimana koordinat koordinat yang bersangkutan merepresentasikan titik-titik. Aturan ini biasanya mendefinisikan titik asal (origin) beserta beberapa sumbu-sumbu koordinat untuk mengukur jarak dan sudut untuk menghasilkan koordinat.
Untuk dapat menggunakan data secara bersamaan dari berbagai sumber, diperlukan sistem koordinat yang seragam. Namun pada setiap sistemnya diperlukan konversi koordinat agar sistemnya seragam. Ada beberapa sistem konversi koordinat yang dikenal dalam geodesi, antara lain : Universal Transfer Mercator atau biasa disingkat UTM, TM3˚ yang digunakan oleh BPN, dan sistem kooordinat geodetik.
Sistem koordinat geodetik mengacu pada permukaan bentuk ellipsoida tertentu dan tergantung pada ukuran, bentuk, dan orientasi tiga dimensi ellipsoida. Dimana ellipsoida sebagai referensi bentuk permukaan bumi. Posisi suatu titik pada sistem koordinat geodetik ditentukan oleh lintang geodetik (L), bujur geodetik (B) dan tinggi di atas permukaan ellipsoida (h).
Sistem kordinat UTM (Universal Transverse Mercator) adalah rangkaian proyeksi Transverse Mercator untuk global dimana bumi dibagi menjadi 60 bagian zona. Setiap zona mencangkup 6 derajat bujur (longitude) dan memiliki meridian tengah tersendiri. Berbeda dengan koordinat geografi yang satuan unitnya adalah derajat, koordinat UTM menggunakan satuan unit meter.
Berbeda dengan UTM, sistem koordinat TM3 memiliki lebar zona 3 derajat. Sistem koordinat TM3 biasa digunakan oleh BPN atau Badan Pertanahan Nasional untuk pengukuran tanah.
Pekerjaan konversi koordinat saat ini semakin mudah dengan adanya software-software pendukung seperti Global Mapper. Dan pada posting kali ini saya akan jelaskan langkah Transformasi Koordinat TM3 ke UTM dengan Global Mapper :
1. Buka Aplikasi Global Mapper

2. Berikut tampilan awal program Global Mapper Klik Open,

3. Browse lokasi File, Disini saya telah memiliki 2 macam file dari hasil pengukuran GPS dengan sistem koordinat TM3 dan UTM.

 4. Masuk ke Tool > Coordinate Converter

5, AKan muncul jendela Berikut, Klik Input dan Output Coordinate System

 - Pilih Input Transverse Mercator (TM3) untuk Input Coordinate System, dan UTM untuk Output Coordinate System Klik OK

6. Masukan Koordinat TM3 Lalu klik Convert To.

7. Koordinat Hasil Transformasi Koordinat TM3 ke UTM

Tambahan :
- Koordinat hasil transformasi Koordinat TM3 ke UTM dengan Global Mapper akan saya bandingkan dengan Koordinat UTM langsung dari Survey GPS.
Hasilnya Point Hijau dari Koordinat hasil transformasi Koordinat TM3 ke UTM dengan Global Mapper dan Point Putih dari Koordinat UTM langsung dari Survey GPS.

Selisihnya 1,2 cm

####SEMOGA BERMANFAAT####

2 comments:

Post a Comment