Wednesday, December 17, 2014

Pengalaman Tes CPNS BIG (Badan Informasi Geospasial)


Akhirnya kelar juga menjalani rentetan Tes CPNS BIG nya saudara-saudara, tinggal menunggu hasilnya. Ini merupakan pengalaman pertama saya mengikuti tes CPNS setelah lulus kuliah. Sebagai para geodet, kawan-kawan pasti tidak asing lagi dengan instansi satu ini, karena banyak sekali lulusan geodesi yang bekerja di instansi ini. Bahkan dapat dikatakan BIG merupakan lahan utama tempat bekerja orang-orang geodesi selain di BPN, PU, dan BAPPEDA. Pada tahun 2014 inipun BIG banyak membutuhkan seorang Geodet, lebih banyak daripada lulusan sarjana lain seperti Geografi, Ilmu Tanah, dan Planologi. Dari total 77 orang yang akan diterima PNS BIG, 51 orangnya adalah dari Teknik Geodesi.

Badan Informasi Geospasial (disingkat BIG), sebelumnya bernama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (disingkat Bakosurtanal), adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial. BIG berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden dan dipimpin oleh seorang kepala. Dr. Priyadi Kardono, M.Sc saat ini menjabat sebagai Kepala BIG. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, BIG dikoordinasikan oleh Menteri Riset dan Teknologi.

Dan sebelum lupa, maka saya sempatkan untuk menulis posting ini. Di posting kali ini saya akan berbagi pengalaman, dari tahap awal hingga akhir sedetail-detailnya dan memberikan sedikit tips yang mungkin berguna untuk kalian semua yang berminat untuk mendaftar CPNS BIG (Badan Informasi Geospasial) tahun depan. 

1. Pengumuman CPNS
Untuk pengumuman CPNS biasa dibuka pertengahan tahun. Pada tahun 2014 dapat dikatakan molor atau terlambat, dengan alasan perbaikan jaringan dan sistem yang dilakukan Panselnas-Kemenpan. Namun BIG termasuk instansi yang mengeluarkan pengumuman lebih awal daripada instansi lain-lainya. Saat itu pengumuman dimuat di web panselnas pada tanggal 20 Agustus 2014. Pengumuman berisikan  informasi Formasi Pekerjaan dan jumlah yang dibutuhkan (Formasi untuk lulusan Teknik Geodesi : Surveyor Pemetaan darat 46 orang, Surveyor Pemetaan Laut 2 orang, Peneliti Geospasial dasar 3 orang) kemudian lanjut dijelaskan syarat umum pendaftaran sepeti WNI, tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS di instansi lain, bukan pengurus partai poitik, sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba dll. Dan untuk syarat khusus seperti minimal IPK, usia, dan akreditasi perguruan tinggi.


2. Pendaftaran Online
Pendaftaran online dilakukan secara 3 tahap yang dimulai sejak tanggal 24 Agustus 2014 sampai 7 september 2014.

- Pendaftaran di web panselnas. Di web ini kita hanya memasukan data pribadi berupa Nama, No. NIK (Nomor induk kependudukan di E-KTP), Instansi yang ingin dilamar. di web ini kita juga disuruh input password (bebas memasukan apa saja yang penting anda harus ingat karena akan digunakan pada tahap selanjutnya).


Catatan : Sebaiknya jika anda memang berniat mendaftar CPNS, sebelumnya harus mengurus e-KTP dan memastikan e-KTP sudah terekam di data kependudukan, soalnya ada teman saya yang gagal mendaftar CPNS gara-gara belum terekam di data kependudukan. Kemudian sebaaiknya anda harus cermat saat mendaftarkan diri ke web ini dan pastikan ketika mendaftar memiliki koneksi internetnya normal karena satu NIK hanya memiliki satu kali kesempatan mendaftar, jika salah memasukan instansi anda juga tidak  bisa pindah/mengubahnya lagi. JADI HARUS MOHON CERMAT DAN HATI-HATI SAAT INPUT DATA.

- Setelah maksimal 1x24 jam baru anda bisa mendaftar di web BIG dengan melakukan login nama NIK dan password yang telah kita masukan pada pendaftaran di web panselnas. Pada web ini input data yang dimasukan sudah sangat komplit termasuk judul skripsi, akreditasi perguruan tinggi dan program studi, formasi (kita bisa memilih 3 formasi sesuai jurusan masing-masing) pengalaman kerja dll. (Masukan semua pengalaman kerja yang berhubungan dengan formasi yang ingin anda ambil, karena data inilah yang menjadi acuan pertanyaan saat Tes wawancara bidang)


- Jika anda sudah yakin dengan data yang dimmasukan anda bisa melakukan Finalisasi data. Dari jumlah pendaftar di panselnas sebanyak 5931 orang hanya sekitar 20% sebanyak 1287 orang yang melakukan Finalisasi, aneh juga orang2 itu sudah daftar di panselnas tapi tidak melakukan pendaftaran di web istansi, mungkin juga karena salah milih instansi saat pedaftaran di pansenas. Tapi kita syukuri saja karena persaingan juga semakin berkurang.


3. Seleksi Administrasi
Setelah melakukan Finalisasi data, kita disuruh segera untuk mengirimkan berkas-berkas melalui POS. Berkas-berkas yang dikirimkan meliputi Surat lamaran tulis tangan, Akreditasi pr4ogran studi, Biodata Pelamar, Pas Foto 4x6, Surat perjanjian bermaterai (download di web BIG), Foto Kopi Ijazah yang telah dilegalisir.


Jika Berkas kita telah diterima oleh BIG, maka akan ada sebuah pemberitahuan lewat akun kita di web BIG (akun dapat dibuka dengan melakukan Login). Pengiriman berkas pun memiliki batas waktunya, sehingga jika terlambat mengirimkannya kita akan langsung dinyatakan gugur. Maka lebih baik anda mengirimkannya dengan paket kilat. Dari jumlah 1287 orang yang melakukan finalisasi data yang lolos mengirimkan berkas sebanyak 997 orang.


(Saat pendaftaran ini saya masih belum wisuda sehingga saya juga belum mendapatkan ijazah, yang saya gunakan dan kirimkan adalah SKL - surat keterangan lulus, karena jika di Teknik Geodesi UNDIP kelulusan dihitung sejak selesai sidang skripsi, dan saya sudah sidang skripsi pada tanggal 14 Agustus 2014 dan saya langsung mengurus SKL, pada tahap ini saya sudah harap-harap cemas, setelah mendengar kabar dan berita bahwa tahun 2014 tidak diperbolehkan lagi mendaftar CPNS menggunakan SKL. Namun setelah pengumuman pun saya masih dinyatakan lolos Seleksi Administrasi - Alhamdulillah) 


Pada pengumuman administrasi ini, pelamar juga telah dikelompokan sesuai formasi yang telah dipilihnya masing-masing jadi kita bisa dapat mengetahui jumlah pesaing dalam satu formasi. Untuk Formasi saya Surveyor Pemetaan Darat yang lolos seleksi ini sebanyak 182 orang yang akan memperebutkan 46 kursi.

4. Tes Kompetensi Dasar (TKD)
Setelah pengumuman administrasi maka muncul kembali pengumuman jadwal pelaksanan TKD. Lokasi tes dilaksanakan di BKN Pusat yaitu Jl. Letjen Sutoyo Cililtan Jakarta Timur. Pengumuman pelaksanaan TKD meliputi tempat ujian, waktu ujian, dan peraturan TKD seperti:menggunakan pakaian rapi, tidak memakai sendal, tidak mengenakan kaos saat ujian, membawa kartu ujian yang telah di download dari web dan wajib datang 1 jam sebelum ujian untuk registrasi dan absen.


Catatan : Jika sudah lolos tahap ini saya sarankan untuk segera mencari tempat singgah untuk ujian nanti. Dan usahakan berada dekat dengan lokasi ujian. Agar saat ujian tidak lelah diperjalanan dan lebih siap melakukan Tes. Dan usahakan dapat survey lokasi ujian setidaknya sehari sebelum ujian agar mengetahui estimasi waktu perjalanan dan memudahkan perjalanan saat hari ujian datang.

(Survey Tempat Ujian TKD di BKN Jakarta Timur)

Ujian TKD menggunakan sistem CAT yang berbasis komputer sehingga kita hanya perlu menklik-klik jawaban yang muncul dilayar komputer, sangat mudah. Intinya adalah persiapkan dengan matang baik mental maupun fisik. 


Berikut sedikit tips ujian TKD dari saya :
a.) Berdoa memohon yang terbaik kepada Allah SWT, perkuat ibadah seperti sholat tahajud, bersedekah, sholat berjamaah dan amalan lainnya. Keberuntungan sangat diperlukan di Tes ini, karena komputer terus mengacak 80.000 soal dan kita berharap mendapatkan soal yang mudah dan pas dengan materi yang kita pelajari.
b.) Pelajari pancasila, UUD 45, sejarah Indonesia, mengingat luasnya materi maka carilah rangkumannya saja. klik disini...!!!
c.) Untuk latihan soal-soal anda tidak perlu membeli buku-buku di gramedia, karena soal tersebut tidak pernah keluar di ujian. Lebih baik anda belajar soal-soal dari FR dikaskus, soal itu berasal dari sharing teman-teman kaskuser yang lebih dulu melaksanankan TKD. Ini sangat membantu, bahkan ada beberapa soal yang saya dapatkan sama persis. Berikut contohnya klik disini...!!!
d.) Persiapan mental dan fisik, usahakan malam sebelum ujian agar sudah tidak membuka materi lagi. Gunakan waktu ini untuk menenangkan diri dan istirahat.
e.) Persiapkan kembali baju, peralatan ujian, kartu peserta, sepatu, agar tiba hari ujian tidak bingung lagi.
f.) Membaca Al Quran sesaat sebelum ujian. Saya ujian hari Jumat maka saya sempatkan membaca Al Quran surat Al Kahfi meskipun hanya sempat membaca beberapa ayat saja. Trust me it works…!!!
g.) Datang ke lokasi ujian lebih awal, agar bisa tenang. Anda tidak perlu lagi belajar sesaat sebelum ujian dimulai, itu hanya akan membuat anda tidak tenang dan tidak focus. Dan usahakan sudah sarapan sebelum ujian.
h.) Saat mengerjakan soal usahakan untuk langsung menjawabnya meskipun tidak tau jawabannya. Karena anda tidak akan punya waktu untuk mengerjakannya lagi nanti.
i.) Lebih baik untuk mengerjakannya soal secara berurutan. Hal ini mempermudah dalam manajemen waktu. (100 soal = 90 menit ? saat waktu 30 menit berjalan minimal kita harus sudah mengerjakan 40 soal. dst)
j.) Bila sudah selesai mengerjakan soal dan waktu masih tersisa jangan langsung keluar cobalah koreksi kembali pekerjaan anda. (Sisa waktu mungkin hanya sebentar 1-3 menit saja jadi pilih untuk mengoreksi soal yang pendek2 saja).
k.) Awali dengan berdoa maka akhiri pula dengan berdoa, agar Allah selalu memberikan yang terbaik lewat jalan-Nya dari arah yang tidak terduga-duga.
Setelah selesai lihat nilai dikomputer atau ditempat pengumuman. Itulah sedikit tips yang saya lakukan saat ujian TKD kemarin dan hasilnya cukup memuaskan dengan mendapatkan nilai 382, dan masuk ke peringkat 4 dalam sesi saya (1 sesi 100 orang). Namun ingat, jika anda mendapat nilai lebih dan lulus passing grade janganlah tenggelam dengan euforia. Perlu latihan dan belajar kembali untuk menghadapi perjuangan selanjutnya untuk ujian Tes Kompetensi Bidang (TKB).

5. Tes Kompetensi Bidang (TKB)
TKB pada BIG biasa dilaksanakan seminggu setelah TKD. Pengumuman dapat dillihat di web BIG. Peserta yang berhak mengikuti TKB adalah semua peserta yang Memenuhi Persyaratan passing grade TKD sebagaimana diumumkan langsung setelah selesai ujian TKD. Jika TKD memiliki bobot 60% pada TKB ini memiliki bobot 40%. Meskipun memiliki bobot lebih kecil jangan pernah meremehkanya, karena TKB juga memiliki Passing Grade jadi jika tidak lolos passing grade peserta akan langsung gugur sebelum dilakukan integrasi nilai, so keep focus...!!!

 (Survey lokasi ujian)

TKB dilaksanakan di Aula Utama kantor BIG Cibinong, Tips saya, jika anda belum pernah dan belum tau lokasi kantor BIG, lebih baik untuk melakukan survey tempat dahulu minimal sehari sebelum ujian TKB.
a. Tes Akademik
Pelaksanaan Tes Akademik dibagi menjadi 2 (dua) sesi. Sesi pertama berlangsung pukul 08.30 WIB-11.30 WIB dan sesi kedua berlangsung pukul 13.00 WIB-16.00 WIB (Bidang Geodesi di sesi 1 kemudian yang Umum (Planologi, Geografi dll) pada sesi 2). Peserta ujian akademik diwajibkan datang 1 jam sebelum tes dimulai untuk registrasi dan absensi, Panitia mengecek kelengkapan berkas para peserta tes sebelum memberikan nomor kursi pada kartu ujian peserta. Kemudian didalam ruang aula panitia kembali menjelaskan tentang tata tertib tes. Sebelum tes dimulai panitia juga melakukan acara pembukaan koper ujian dengan disaksikan semua peserta. Di ruang ini peserta juga disuguhi makanan snack ringan, lumayanlah untuk mereka yang belum sarapan. 


Karena TKB merupakan suatu tes dikhususkan terhadap jurusan yang akan di ambil oleh pelamar. Jadi pada pengumuman pun sudah dibagi jadwal Tes nya berdasarkan jurusannya. Materi ujian menyangkut semua materi yang sebenarnya telah kita dapatkan saat kuliah, seperti IUT, Survey GPS, Proyeksi Peta, dll, ditambah dengan Undang-undang Geospasial. Soal ujian terdiri dari 100 soal yang dikerjakan dalam waktu 90 menit. Soal dikerjakan dalam lembar komputer sehingga peserta juga harus membawa peralatan nya masing-masing berupa pensil 2B, Penghapus, Serutan pensil (tidak diperbolehkan memakai kalkulator). Menurut saya pribadi dengan bobot soal yang cukup susah, soal yang banyak, dan waktu yang terbatas, untuk melewati tahap ini sangat sulit. Kita dituntut dalam waktu kurang dari 1 menit harus bisa membaca, menganalisa, menghitung, melingkari jawaban di lembar komputer – Susaaahhh brooo maka teruslah belajar dan mempersiapkan diri kalian. Kisi-kisi soalnya yang masih saya ingat adalah:
-Menyebutkan nomor dan tahun undang- undang geospasial
-Seputar SRGI
-Perbanyak membaca materi di web BIG
-Menghitung hitungan sederhana seperti azimuth, dan matriks
-Sifat Proyeksi merkator, polyeder
-Banyak soal tentang Survey Hidrografi
(Sangat sulit menulis tips pada seleksi ini karena saya sendiri juga kesulitan pada tahap ini ?)

b. Wawancara Bidang
Pada hari berikutnya dilaksanakanlah wawancara bidang di tempat yang sama yaitu Aula utama kantor BIG dan dijadwalkan pelaksanakannya selama 3 hari. Setiap hari dibagi 2 sesi, yaitu sesi 1 jam 08.00-12.00 dan sesi 2 jam 13.00-17.00 dengan jumlah peserta yang diwawancara setiap sesi sebanyak 24 orang. Saat sesi ini saya mendapatkan giliran pada sesi 2 dihari pertama.
Malam sebelum ujian yang diperlukan hanyalah persiapan mental saja. Tiba waktunya ujian kita akan dipanggil satu persatu secara acak untuk masuk kesebuah ruangan yang didalamnya telah dibuat bilik-bilik kecil, disetiap biliknya sudah duduk 3 orang ahli yang menjadi pewawancara yang diketahui adalah pegawai BIG sendiri. Mengingat pewawancara adalah orang-orang yang paham masalah geodesi maka berhati-hatilah dalam menyampaikan statement karena akan menjadi bumerang bagi kita sendiri.
Berikut jenis-jenis pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara seingat saya :
- Pertama kali kita akan disuruh untuk memperkenalkan diri kita
- Pewawancara menanyakan hal-hal sepele seperti : saat ujian anda tinggal dimana? Dll
- Pewawancara menanyakan pengalaman kerja kita, dan menyuruh kita menjelaskan pekerjaan yang kita lakukan di tempat kerja tersebut.
- Pertanyaan tentang Judul skripsi sekaligus menjelaskannya secara garis besar.
- Bidang yang diinginkan setelah masuk BIG
- Organisasi yang pernah diikuti
- Kenapa memilih bekerja di BIG
- Lebih suka bekerja di Kantor atau Lapangan
- Apa yang kita ketahui tentang BIG
- Kenapa ingin menjadi PNS yang gajinya kecil
- Hoby, Software geodesi yang dikuasai
- Membuat closing statement yang dapat meyakinkan pewawancara untuk memilih kita
- Dll
Waktu wawancara sekitar 30 menit, pada ujian ini kita benar-benar diuji dalam kemampuan verbal untuk menyapaikan suatu statement yang dapat dipertanggung jawabkan, dan pemilihan kata yang mudah dipahami.
Tips : Menurut teman saya yang telah lebih dulu ke BIG, untuk bisa lolos tahap ini dengan nilai tinggi maka jadilah Kartu AS atau menjadi seseorang pribadi yang berbeda dan memiliki nilai lebih dibandingkan dengan orang lain, silahkan baca posting ini. Baca disini…!!!

Berikut perkembangan jumlah peserta CPNS Hingga Tahap ini…

####SEMOGA SUKSES####

2 comments:

Post a Comment