Sunday, August 31, 2014

Menggabungkan Kontur Beberapa Wilayah Menggunakan ArcGIS 10

Proses untuk menyatukan dua atau lebih peta yang memiliki kesamaan format dan data-data pendukung lainnya untuk dijadikan  menjadi satu peta yang utuh dapat dilakukan dalam ArcGIS 10. Sebagai contoh saya akan menggabungkan kontur dari beberapa Wilayah untuk membentuk Kontur Kawasan Gunung Slamet.

Perlu diketahui Gunung Slamet (3.428 meter dpl.) adalah gunung berapi yang terdapat di Pulau Jawa. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa. Kawah IV merupakan kawah terakhir yang masih aktif sampai sekarang, dan terakhir aktif hingga pada level siaga medio-2009.

Adapun langkah-langkahnya sebagai:

1. Jika kita memiliki beberapa peta / data geospasial dalam contoh ini adalah kontur yang ingin di satukan dari beberapa Kabupaten yang berada dikawasan Gunung Slamet seperti peta yang terlihat di bawah ini maka terlebih dahulu pastiakan format dari peta tersebut sudah sama baik dalam sistem koordiantnya...


2. Setelah anda sudah yakin dengan kesamaan format dan sistem maka langkah selanjutnya adalah klik Arc Toolbox > Data Management Tools > General > Merge


3. Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti pada gambar dibawa ini..  Setelah itu Input data kontur beberapa wilayah yang akan di satukan. Dengan cara klik “Input Datasets”  Lalu klik “OK”

 

4. Dan HASILNYA akan menjadi satu peta seperti pada gambar dibawah ini


5. Kontur Kawasan Gunung Slamet


  ++++INGIN MENGOLAH KONTUR MENJADI DEM++++

1 comment:

  1. terima kasih informasinya kak, jangan lupa kunjungi website kampus saya ke www.atmaluhur.ac.id maupun alamat web blog saya http://mafaza.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/.

    ReplyDelete