Friday, November 28, 2014

Belajar dari para Blogger

Setelah hampir setahun ini punya blog, meski aktif nya baru-baru saja.  Apa sih yang aku dapat? terus terang kalo aku dapat duit pun tidak, karena blog-ku ini bersih dari Google Adsense dan iklan. Aku pun pertama kali nyemplung ke dunia per-blog-an ini karena atas ajakan dari teman. Ia telah memulai membuat website terlebih dahulu dengan kualitas semi pro dan setelah ngliat-liat situsnya yang aduhai dan berisi macem-macem, maka aku pun mulai tertarik untuk menulis dan inilah aku.

Pertama-tama aku juga bingung mau nulis apaan, karena jujur aja kalo aku nulis di blog ini tentang kejadian aku sehari-hari layaknya diary, dijamin orang-orang se-jagat maya akan kecewa berat, karena emang kehidupanku ini tak menarik dan agak statis. Nah, daripada orang-orang nanti demo karena kecewa lalu nyampah di kotak komentar, mending aku sharing tentang ilmu yang sedang saya pelajari seputar pengukuran, pemetaan, SIG ato apa sajalah yang menurutku penting dan layak di sharing. Karena prinsipku adalah sebisa mungkin tulisan di blog-ku ini bermanfaat bagi orang lain walau secuil. Kan ada hadist Rasulullah yang ngomong kalo "Sampaikan Ilmu Walau Satu Ayat".

 (Saksi bisu pembuatan blog ini, mungkin perlu di buat prasasti ditempat ini)

Meski aku juga memposting ilmu agama, tapi aku juga gak mau ngomong tentang agama terlalu dalam, karena emang agama adalah persoalan yang sensitif dan menyangkut kepercayaan terhadap Tuhan. Lagian, aku juga bukan orang yang terlalu religius dan aku pun sadar bahwa ilmu agama yang aku miliki juga dangkal. Untuk posting tentang agama saya banyak mengutipnya dari beberapa ustadz yang saya kagumi dan sering tonton saja, seperti Ustadz Arifin Ilham dan Ustadz Yusuf mansyur. 

Di dalam perjalananku menulis ini pun tentu saja aku membutuhkan inspirasi. Dan, inspirasi itu salah satunya dari blog-walking. Nah, selama perjalananku dari blog-walking itu aku banyak mendapatkan pengalaman, info-info terbaru dan lain-lainnya. Mulai dari pengalaman-pengalaman ekstrim dari blognya si Aand, kemudian blog yang berisi ilmu-ilmu tentang SIG dari mas Danang. Yang keduanya juga sekarang sudah duluan nangkring duduk di Kantor BIG (Badan Informasi Geospasial), semoga saya juga bisa ketularan juga. hhheee Kemudian juga dari blog tentang ArcGIS yaitu blog nya mas Ary yang juga sebagai guru yang pertama kali nginstalin dan ngajarin ArcGIS. Tidak hanya itu, masih banyak juga para blogger yang berasal dari mahasiswa Teknik Geodesi yang isinya selain untuk mengenalkan tentang llmu geodesi, mereka juga banyak menulis tentang pengalaman mereka masing-masing yang pastinya sangat keren-keren.

Satu lagi inspirator buat saya untuk terus menulis blog, yaitu dari pak adhin busro yang telah menceritakan kisah sulit kehidupannya dulu sebagai seorang pedagang asongan yang sekarang jadi pengusaha sukses dan ketua sebuah organisasi sosial dengan jalan menjadi blogger. Pokoke, banyak-lah yang dapat aku serap dari perjalanan-ku selama berkelana di dunia maya ini.


Aku pun menyadari bahwa untuk menuju puncak seleblog layaknya pak adhin busro yang pengunjungnya sudah sekian juta ternyata lumayan sulit karena emang mereka pinter dalam menulis posting yang menginpirasi orang sehingga disukai. Mulai dari pengalaman Aand yang menarik untuk di-komentari. Kemudian Raditya Dika dan Dara Prayoga yang menulis posting dengan ciri khas mereka tersendiri. Tentunya itu juga menjadi pelajaran bagiku gimana sih cara ningkatin traffic dengan mem-posting hal-hal bermanfaat.

Pendek kata, makasih ya semua karena udah memberi pelajaran dan pengalaman yang berharga ini. Jangan berhenti nge-blog semua, karena ada ungkapan yang bilang "Ikatlah Ilmu Dengan Menulis".

 Salam Bloggerr...

1 comment: