Sunday, April 27, 2014

Remaja Pemburu Tahajud

Kalau ada sebuah fase kehidupan yang dianggap paling berkesan, pasti masa remaja. Masa remaja memang berbeda dengan masa-masa yang lainnya. Sebuah fase kehidupan yang teramat menyenang kan berada pada masa ini.
Remaja tidak hanya indah untuk dilewati, tetapi juga asik untuk dibicarakan. Sejumlah acara digelar yang berkait dengan reuni selalu berdimensi keremajaan. Pada acara ini selalu mengandung sisi cerita yang sangat menarik. Banyak kesan yang tertoreh pada masa remaja. Cerita-cerita berlatar keindahan dan keromantisan selalu mewarnai alur perjalanan manusia, terutama pada masa remajanya. Memang remaja adalah masa-masa transisi dan sering disebut masa yang paling rawan. Namun di balik itu pada masa remaja, ada masa paling berkesan dalam hidup. Kenangan terhadap saat remaja merupakan kenangan yang tidak mudah dilupakan, sebaik atau seburuk apa pun saat itu. Hal ini sangat wajar walaupun di pihak lain, orang tua yang memiliki anak berusia remaja merasakan bahwa usia remaja adalah waktu yang penuh tantangan.
Namun selagi remaja, kekuatan iman itu juga harus mulai dibangun. Tidak ada yang tahu sampai berapa lama kita hidup di dunia. Menabung amal selayaknya juga dilakukan di masa remaja. Mereka masih fresh dan memiliki banyak waktu luang.

" Barangsiapa yang mengerjakan amal sholeh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. "

Sebagai salah satu amalan yang sangat penting dalam Islam, sesungguhnya sholat tahajud juga sebaiknya menjadi aktifitas yang rutin bagimu. Banyak orang dewasa dan orang tua yang susah melakukan sholat tahajud, apalagi secara berkesinambungan. Salah satu alasanya adalah karena belum terbiasa dilakukan sejak remaja. Padahal jika diukur dari aspek pahala sangat besar. Ditengah pendapat banyak orang yang mengatakan ketidakmungkinan bahwa remaja bisa melakukan sholat tahajud secara rutin, sesungguhnya hal itu menjadi tantangan bagi kalangan remaja sendiri. Saat ini harusnya remaja dapat menjawab tantangan dan membuktikan bahwa dirinya mampu melakukan amalan yang sangat berat itu.
Banyak juga orang yang meninggalkan sholat tahajud karena hukumya yang sebatas sunnah saja. Tapi persoalanya bukan masalah sunnah atau bukan sunnah, tetapi tahajud merupakan bentuk nyata seorang hamba terhadap Tuhannya yang telah memberikan kenikmatan kepada kita. Sayang, tidak banyak orang yang berpikir seperti ini. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa kesehatan adalah ikhtiarnya menjaga makan-makanan, selalu minum obat, dan rutinitas kontrol ke dokter ahli di rumah sakit terkenal dengan sejumlah uang yang dikeluarkan. Tidak sadar bahwa Tuhan sesungguhnya berkuasa untuk mencabut nikmat sehat itu hanya dalam sekejap. Dan hakikatnya Tuhanlah yang memberikan nikmat kesembuhan. 
Tidak berlebihan jika para ustadz menyebut bahwa jika air laut dijadikan tinta dan seluruh pepohonan di bumi dijadikan penanya, maka semuanya tidak akan cukup menuliskan nikmat Tuhan yang diberikan Allah kepada kita. Persoalanya tidak banyak orang yang menafakuri nikmat yang ada pada dirinya. Bahkan sebaliknya, sombong terkadang menjadi pilihan hidup ketika merasa diri lebih dari orang lain, baik dari fisik, kepandaian, maupun harta yang dimiliki. Sekali lagi, Tuhan berkuasa untuk menghilangkan semua hal yang kita banggakan itu dalam hitungan per sekian detik.
Bahkan Nabi menganggap bahwa tahajud merupakan salah satu saluran komunikasi antara dirinya dengan Sang Khalik. Pada saat itulah seorang hamba berkomunikasi langsung dengan Tuhan.
Aktifitas ini merupakan bentuk syukur seoarang hamba terhadap sang Pencipta. Karena itu Nabi tidak menganggap tahajud sebagai sebuah beban, tetapi sebaliknya, sangat menyenangkan sehingga beliau tidak pernah meninggalkannya.Sebagai sarana komunikasi, waktu tahajud banyak dijelaskan dalam Al Quran juga Hadist bahwa di dalamnya terdapat berbagai keistimewaan yang tidak dapat didapatkan di waktu-waktu lainnya. Bayangkan, dengan tahajud manusia akan ditinggikan derajatnya. Dengan tahajud, segala doa akan dikabulkan; pada waktu tahajud orang tobat akan dimaafkan seluruh dosanya. Mengapa demikian? Karena Allah langsung turun ke langit  Bumi pada waktu sepertiga malam terakhir, begitupun dengan malaikat. Para malaikat memantau langsung keberadaan manusi, siapa yang bangun malam dan siapa yang tidak, siapa yang senangtiasa bersyukur dan tidak.
Jadi bagi kit, sholat tahajud memang sangat penting. Yang pertama harus dilakukan adalah kita biasa sholat malam, itulah kuncinya. Setelah itu kita dapat melaksanakan sholat malam. Jangan sampai kita menganggap bahwa sholat tahajud sangat bera. Yang menjadi kunci keberhasilan sholat tahajud adalah keikhlasan dan kesungguhan dalam melaksanakannya.


#### MARI SAHABAT KITA MULAI MEMBIASAKAN SHOLAT TAHAJUD ####

0 comments:

Post a Comment