Thursday, March 27, 2014

Pengukuran Topografi Jalur Pipa Air ( Penyediaan Air Baku Bayan Lombok Utara)



Kegiatan penyediaan air baku di pulau Lombok ini merupakan proyek milik PU yang dilaksanakan oleh Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I. Kegiatan survey ini meliputi pengukuran polygon, detail situasi, dan survey GPS.
Sumber air masyarakat di pulau Lombok kebanyakan masih berasal dari mata air di Gunung Rinjani. Dalam rangka pekerjaan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara 1 maka dilakukan kegiatan pengukuran jarak dan elevasi dari sumber air ke desa guna perencanaan pembuatan jalur pipa air beserta fasilitas pendukung lainnya. Kegiatan pengukuran ini juga sebagai bahan penyusunan kebutuhan material khususnya pipa yang akan digunakan sekaligus mengetahui rencana jalur pipa dan estimasi penempatan titik sarana yang akan dibangun.
Pengukuran dilakukan untuk mengetahui elevasi, jarak bak penampung dari sumber air serta untuk mengetahui koordinat titik bak yang telah direncanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU). Penentuan jalur dengan media peta RBI dan ditandai dengan patok, dan menggunakan GPS untuk mendapatkan koordinat titik bak. Alat Ukur yang digunakan dalam pegukuran ini yaitu Theodolit.


( Mata Air Sumber Murusmalang )

Sumber air masyarakat Bayan Lombok Utara berasal dari mata air Sumber. Letaknya berada di Taman Nasional Gunung Rinjani, sekitar 15 km ke arah selatan dari Bayan.



Air ini digunakan untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari, seperti kebutuhan rumah tangga, pertanian, peternakan, dan lain-lain. Pada musim hujan, debit sumber air tinggi. Pada musim kemarau debit air menjadi rendah, akan tetapi masih mencukupi untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari penduduk Bayan Lombok Utara meskipun masih terbatas.

                                 

DIAGRAM ALUR PENGUKURAN TOPOGRAFI 




0 comments:

Post a Comment