Thursday, March 20, 2014

Cara menggambar poligon di AutoCad 2004

Poligon adalah rangkaian segi banyak. Besaran yang diukur dalam poligon adalah unsur-unsur sudut di setiap titik dan jarak di setiap dua titik yang berurutan. Untuk menentukan arah, salah satu sisi harus diketahui azimuthnya dengan cara magnetis maupun dengan pengukuran matahari/bintang. Agar kedudukanya titik-titik yang akan dihitung koordinatnya merupakan sistem dengan koordinat yang telah ada, perlu beberapa titik diikatkan pada titik koordinat yang telah ada. Namun kali ini saya tidak akan membahas cara perhitungan koordinat pada titik-titik tesebut namun cara sederhananya untuk menggambar poligon dengan koordinat titik-titiknya yang telah diketahui dari proses perhitungan tersebut kedalam software Auto Cad.

1. Menyiapkan koordinat poligon dari hasil perhitungan di excel,


2. Membuat format koordinat menjadi (x,y) dengan menambahkan formula =Concantenate((sorot kolom x);",";(sorot kolom y)) pada kolom baru disebelahnya.
3. Blok Kemudian copy kolom dengan format koordinat (x,y) tersebut


4. Buka Autocad 2004 dan klik tool polyline kemudian pada "Command"  klik kanan dan pilih paste.

5. kemudian pada Command ketik z - enter - e - enter, hasilnya sebagai berikut
6. Untuk menampilkan titik-titiknya klik toolbar point dan paste kan kembali koordinatnya pada command. lalu format - point style pilih tanda patok/titiknya.
7. Hasilnya sebagai berikut


2 comments:

  1. boleh minta file excelnya pak...biar bisa langsung praktek

    tolong kirim ke Email ini ya pak Defidplos@gmail.com

    ReplyDelete