Tuesday, May 17, 2016

Download Data Rinnex pada Station Base GNSS CORS

Stasiun GNSS CORS ini sudah banyak berkembang di Indonesia beberapa diantaranya adalah stasiun GNSS CORS GMU1 di Jurusan Teknik Geodesi FT-UGM, stasiun GNSS CORS ITS1 di jurusan Geomatika ITS, Kemudian Program Studi Teknik Geodesi FT-UNDIP juga memiliki stasiun CORS bernama UDIP yang sudah dioperasikan sejak Desember tahun 2012 dan bekerjasama dengan PT. Adhimulia Interniagatama. Untuk Instansi Pemerintah dimiliki oleh BIG dengan mengoperasikan 118 Stasiun, dan 92 stasiun oIeh BPN dan bebepa lainnya juga dimiliki oleh instansi pemerintah yang bekerja dalam bidang pengukuran dan pemetaan seperti Dinas Pekerjaan Umum dll

GNSS merupakan suatu sistem satelit yang terdiri dari konstelasi satelit yang menyediakan informasi waktu dan lokasi, memancarkan macam-macam sinyal dalam berbagai frekuensi secara terus menerus, yang tersedia di semua lokasi di atas permukaan bumi.GNSS memiliki peranan penting dalam bidang navigasi. GNSS yang ada saat ini adalah GPS (Global Positioning System) milik Amerika Serikat, GLONASS (Global Navigation Satellite System) milik Rusia, Galileo milik Uni Eropa, dan Compass atau Beidou milik Cina. India dan Jepang telah mengembangkan kemampuan GNSS regional dengan meluncurkan sejumlah satelit ke antariksa untuk menambah kemampuan yang sudah disediakan oleh sistem global dalam menyediakan tambahan cakupan regional (UNOOSA, 2011)  
CORS (Continuously Operating Reference Station) adalah suatu teknologi berbasis GNSS yang berwujud sebagai suatu jaring kerangka geodetik yang pada setiap titiknya dilengkapi dengan receiver yang mampu menangkap sinyal dari satelit-satelit GNSS yang beroperasi secara penuh dan kontinyu selama 24 jam perhari, 7 hari per minggu dengan mengumpukan, merekam, mengirim data, dan memungkinkan para pengguna (users) memanfaatkan data dalam penentuan posisi, baik secara post processing maupun secara real time.

Untuk memanfaatkan data secara Post Processing kita perlu mendownload data rinnex melaui IP base station. Beberapa bulan lalu bahkan BIG (Badan Informasi Geospasial) menyediakan layanan download gratis data rinnex di beberapa station yang dimilikinya melalui INACORS -> inacors.big.go.id   atau http://nrtk.big.go.id  dengan  IP Addres 202.4.179.177 

(Layanan INACORS)

Namun sayang layanan tersebut tidak dapat lagi digunakan sejak 1 April 2016, kini jika  pengguna ingin mendapatkan data rinex harus datang ke kantor Badan Informasi Geospasial atau mengajukan permintaan data melalui Surat/fax/email ditujukan kepada  :

Kepala Badan Informasi Geospasial
Up. Pusat Penelitian Promosi dan Kerjasama
Jl. Raya Jakarta - Bogor Km 46 Cibinong 16911
Telepon : 021-8753155
Fax : 021-87916647
Email : info@big.go.id
http://www.big.go.id

Pada posting kali ini  saya coba jelaskan contoh langkah untuk mendownload data rinnex dari station base GNSS CORS :

1. Masukan IP Adrres station GNSS CORS, anda biasanya diharuskan melakukan registrasi untuk melakukan Login, dengan cara menghubungi admin base station tersebut.
 


2. Jika anda sudah berhasil melakukan Login, akan muncul tampilan daftar isi 

3. Pilih Data


4. Untuk masing-masing base station CORS memiliki koleksi data yang berbeda-beda. pada contoh kalii ini base station meiliki data rinnex dengan epok 1 detik dan 30 detik.


5. Pilih Tahun perekaman


6. Pilih Bulan Perekaman
 

7. Tanggal Perekaman 


8. Jam perekaman

  
9. Lakukan proses download


####SEMOGA BERMANFAAT####

1 comments:

Post a Comment