Sunday, December 21, 2014

Memasukan Data Precise Ephemeris dengan Topcon Tools 8.2


Sebelum masuk ke pokok posting mengenai langkah memasukan data Precise Ephemeris kita perlu sedikit belajar terlebih dahulu mengenai jenis-jenis kesalahan dalam GPS yang salah satunya dipengaruhi oleh kesalahan orbit satelit. Kesalahan orbit satelit adalah kesalahan dimana posisi satelit yang dilaporkan oleh ephemeris satelit tidak sama dengan posisi satelit yang sebenarnya. (Hasanuddin Z. Abidin), berikut gambarannya :




Pada dasarnya kesalahan ini disebabkan oleh ketiga faktor berikut yang terjadi secara bersamaan :
-Kekurang telitian dalam proses perhitungan orbit satelit
-Kesalahan dalam prediksi orbit untuk periode waktu setelah uploading
-Penerapan Selective Availibility

Kesalahan orbit ini akan berpengaruh terhadap pengamatan jarak yang dilakukan GPS, 


dan akan timbul selisih pada jaraknya atau delta jarak :
dr = P – P’
Keterangan
rad = komponen radial
alt = komponen along track
crt = komponen cross track


Secara tipikal besar dari setiap komponen kesalahan orbit satelit GPS (Tanpa adanya SA) sebesar radial = 2 meter, along track = 5 meter, dan cross track = 3 meter. Dan kesalahan orbit akan mempengaruhi ketelitian dari koordinat titik-titik yang ditentukan, baik secara absolut maupun diferensial. Pada penentuan posisi secara relatif, semakin panjang baseline yang diamati maka efek kesalahan orbit satelit (ephemeris) akan semakin besar. Maka berikut lah cara mereduksi efek dari kesalahan orbit :
-Terapkan metode differential positioning
-Perpendek panjang baseline
-Perpanjang interval waktu pengamatan
-Tentukan parameter kesalahan orbit dalam proses estimasi
-Gunakan precise ephemeris dan rapid ephemeris
 


Untuk ketelitian informasi orbit GPS dibagi menjadi beberapa macam yaitu :
No.
Ephemeris
Kesalahan
Ketersediaan
1.
Almanak
beberapa Km
Real time
2.
Broadcast
sekitar 2 meter
Real time
3.
Ultra Rapid
sekitar 10 meter
Sehari 2x
4.
Rapid
dibawah 5 cm
Harian
5.
Precise
dibawah 5 cm
Mingguan

Kembali ke pokok bahasan, posting ini menjelaskan langkah-langkah melakukan import data Precise Ephemeris melalui internet dengan bantuan fitur yang ada pada software Topcon Tools. Software tersebut membantu dalam  pengolahan data GPS dan Glonass secara Post Processing. Dengan fitur yang ada pada software ini kita tidak perlu mencari secara manual, mendownload manual, dan mencari data ephemeris yang tepat secara manual karena software ini bisa melakukannya secara otomatis. Berikut tahapannya:

1. Sebelumnya harus telah kita buka software Topcon Tool 8.2 dan telah kita masukan data pengamatan GPS statik, project yang telah dibuat, jenis antena serta tingginya. 



2. Kemudian perhatikan pada bagian ‘GPS Obs’ pada kolom orbit yang menunjukan keterangan Broadcast yang nantinya akan kita ubah menjadi Precise.



3. Untuk mendapatkan data ephemeris perlu kita setting dulu waktu dan posisi yang diinginkan sesuai waktu dan posisi pengamatan dengan cara Klik Job pada menu Bar > Pilih Import from internet.



Masukan Posisi dan Waktu pengamataan disini



4. Setelah Tanggal, Waktu dan Posisi dimasukan akan secara otomatis mencari dari Data base. Untuk mengetahui detail data yang ingin diperoleh, klik panah pada “Advance Option”. 


Akan muncul turunan sebagai berikut, dan Pastikan anda mencentang bagian “ Look for precise ephemeris too” klik search point.



5. Setelah proses pencarian selesai, akan ditampilkan semua data ephemeris yang tersedia untuk waktu pengamatan yang telah anda tentukan sebelumnya.



6. Setelah anda Beri centang pada data ephemeris yang anda inginkan maka lanjutkan dengan meng klik import selected 



7. Dapat anda lihat pada kolom “Gps Obs”yang kini telah berubah menjadi Precise.




####SEMOGA BERMANFAAT####

2 comments:

Post a Comment