Wednesday, October 1, 2014

Apllikasi Transformasi Koordinat Titik ( Geografis - UTM - TM3 )

permukaan yang tidak beraturan. Untuk dapat menggambarkan keseluruhan permukaan bumi pada sebidang kertas (2D) maka kita memerlukan suatu upaya transformasi dari bentuk 3D ke bentuk 2D. Agar keseluruhan permukaan bumi dapat tergambar dengan proporsional maka diperlukan suatu perhitungan matematis yang tepat. Perhitungan itulah yang kemudian lebih dikenal dengan proyeksi, system koordinat serta datum.
Adapun definisi dari ketiganya adalah sebagai berikut :
• Sistem koordinat merupakan “bilangan yang dipergunakan / dipakai untuk menunjukkan lokasi suatu titik, garis, permukaan atau ruang “Informasi lokasi ditentukan berdasarkan sistem koordinat, yang diantaranya mencakup datum dan proyeksi peta
• Datum adalah kumpulan parameter dan titik kontrol yang hubungan geometriknya diketahui, baik melalui pengukuran atau penghitungan.
• Sedangkan sistem proyeksi peta adalah sistem yang dirancang untuk merepresentasikan permukaan dari suatu bidang lengkung atau spheroid (misalnya bumi) pada suatu bidang datar.

secara umum, terdapat 2 jenis sistem koordniat yang sering digunakan, yakni :
• Sistem Geografis (Latitude – Longitude)
Pada sistem koordinat ini, bumi dibagi menjadi 360 bagian, tiap bagian bernilai 1 derajat, dan titik nol derajat (acuan/datum) adalah di Greenwich, Inggris. Disamping itu, garis khatulistiwa juga merupakan garis bujur 0 derajat yang membagi dua wilayah. Di atas khatulistiwa sebagai wilayah utara dan dibawah khatulistiwa sebagai wilayah selatan. Dalam aplikasinya wilayah selatan akan diberi simbol (-) minus, sedangkan (+) untuk wilayah utara.
UTM (Universal Transver Mercator) (X – Y)
Untuk UTM, bumi kemudian dibagi kedalam beberapa zona, antara 01 s/d 60 dengan satuan meter. Pada sistem koordinat ini,bahagian bumi akan dibagi menjadi dua bagian, di atas khatulistiwa sebagai bagian utara dengan simbol (N) serta dibagian selatan khatulistiwa diberi simbol (S).


Dan kadang kita dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kita mengubah dari data yang memiliki koordinat Geografis menjadi koordinat UTM. Dan beberapa hari yang lalu saya dimintai tolong untuk mengubah data koordinat titik-titik yang menggunakan sistem koordinat Geografis menjadi data berkoordinat UTM. Berikut contoh data yang dikirimkan kepada saya :

Jika data koordinat yang ingin ditansformasikan hanya sebanyak satu dua titik saja, saya biasa menggunakan software Transformasi Koordinat ini saja, selain mudah, software ini sangat ringan memorinya dan tanpa proses install :

Kemudian pilih transformasi yang diinginkan, misalnya Geografis ke UTM, kemudian klik Transform...

Kemudian masukan koordinat geografis yang ingin dtransformasikan

Jika sudah klik Transform, berikut hasilnya

Namun jika ternyata titik yang ditransformasikan banyak tentu cara ini tidak efektif lagi, maka pada posting selanjutnya saya akan tulis bagaimana mentrasformasikan koordinat titik dari Geografis ke UTM dengan data yang banyak sekaligus menggunakan ArcGIS 10...


####Semoga Bermanfaat####

23 comments:

  1. bagaimana cara mendapatkan software ini,,
    kalau berkenan kirim ke wibowo.wahyudi65@gmail.com

    ReplyDelete
  2. bantu saya agar bisa mengoperasikan software Trans Koordinat ini

    ReplyDelete
  3. Dimana bisa saya unduh aplikasinya?

    ReplyDelete
  4. Software nya bisa do donlot dimana yak gan?
    tks.

    ReplyDelete
  5. Asalam mualaikum
    Gan pass winrarnya apa ?

    ReplyDelete
  6. bisa di download ga itu gan software nya ?

    ReplyDelete
  7. slmt siang...boleh minta link utk software di atas???

    Thanks...

    Chandra

    ReplyDelete
  8. cara dapat sofwere nya gimanan ya mas...

    ReplyDelete
  9. APPLIKASI NYA DOWNLOAD DMNA GAN?

    ReplyDelete
  10. bang bagi aplikasinya dong. Makasih

    ReplyDelete
  11. assalammualaikum...
    boleh minta software nya pak? terima kasih...

    ReplyDelete
  12. assalamualaikum.kak boleh minta softwarenya .mkccc dianrahmawatinajma@gmail.com

    ReplyDelete