Monday, August 4, 2014

Orang Sholeh Hidupnya Susah, Orang Dzolim Hidupnya Mudah. Why?


Disatu berita saya membaca sebuah tulisan yang agak mengelitik. Yaitu mengenai Rumah-Rumah Koruptor yang besar-besar dan mewah. Kemudian jadi timbul pertanyaan sendiri, Kenapa ya orang maksiat malah kaya-kaya, sedangkan pernah saya lihat juga orang sholeh yang mau mengurusi masjid juga, namun rumahnya kecil dan kotor. Apakah Allah salah memberi ?

Begitu juga dengan orang yang selalu melaksanakan shalat Dhuha tetapi hidupnya masih juga belum berkecukupan. Padahal do’a yang dibaca setelah shalat arti do’anya adalah sebagai berikut :

"Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha itu waktu-Mu; cahaya cemerlang, keindahan, kekuatan, kekuasaan dan penjagaan, semua itu adalah hak yang ada pada-Mu. Ya Allah, bilamana rejeki hamba masih di langit maka turunkanlah, apabila masih berada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika susah mencapainya maka mudahkanlah, bila ada yang haram maka sucikanlah dan jika masih jauh maka dekatkanlah; dengan hak-Mu atas waktu dhuha, cahaya cemerlang, keindahan, kekuatan, kekuasaan dan penjagaan-Mu; anugerahkanlah kepada hamba seperti yang telah Engkau anugerahkan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh."

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka. Semoga shalawat/rahmat dan kasih sayang tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw. beserta keluarga dan sahabat beliau. Maha Suci Tuhanmu Yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan. Dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam, amin."

Selama ini kita telah mengartikan makna dari rejeki. Anggapan kita rejeki itu semata-mata berupa kekayaan, perhiasan dan lain-lain.

Kadang-kadang Allah memberi kekayaan kepada manusia beserta kesenangannya, akan tetapi Allah tidak memberi taufik dan hidayah-Nya. Sebaliknya, terkadang Allah tidak memberi anugerah kekayaan dunia, akan tetapi menganugerahkan rahmat dan hidayah-Nya. Allah menahan rejeki manusia, adakalanya untuk memberi kesempatan baginya mencari taat, dan menghindarkannya dari maksiat. atau memberinya kekayaan, tapi tidak memberinya ketaatan dan keshalehan.

Allah memberi kamu kelapangan agar kamu tidak selalu dalam kesempitan. Allah memberi kesempitan kepadamu agar kamu tidak hanyut di waktu lapang. Allah melepaskan kamu dari kedua-duanya agar kamu tidak menggantungkan diri kecuali kepada-Nya semata.

Rejeki itu memiliki bermacam2 bentuk. rejeki kekayaan/materi, rejeki waktu, rejeki kesehatan, rejeki keluarga yang menyenangkan dan harmonis, rejeki kebebasan, rejeki bakat pada bidang tertentu, rejeki kepandaian, itu semuanya adalah bentuk2 rejeki dalam hidup… dan masih banyak ragam lainnya yang terlalu luas untuk didefinisikan.

Allah pasti akan memberikan rejeki kepada makhluk yang memintanya artinya rejeki tidak akan hilang, rejeki hanya akan berubah bentuk dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Setelah browsing saya juga menemukan sebuah jawabannya, meskipun kata-katanya singkat namun maknanya sudah sangat jelas, berikut kutipannya dari (budikoplo) :

Anda pasti MELIHAT dan berTANYA
BANYAK orang yang INGKAR kepada ALLAH…

Tetapi mereka HIDUP MAKMUR dan BEBAS.
BANYAK orang yang menSEKUTUkan ALLAH…
Tetapi mereka TIDAK diHUKUM oleh ALLAH dengan SEGERA.

BANYAK orang yang TIDAK SHOLAT dan berZAKAT…
Tetapi mereka HIDUP MEWAH di DUNIA…

Dan banyak orang yang berIMAN dan berTAKWA…
 Tetapi mereka hidup di dalam PENJARA.

Banyak orang yang SHOLEH / SHOLEHAH berAKHLAQ MULIA…
Tetapi mereka hanya hidup SEDERHANA dan seADAnya…

Sebagian orang ada yang mengatakan ALLAH tidak ADIL…
Mengapa orang-orang yang INGKAR kepada ALLAH TIDAK diHUKUM
Seperti kaum Nabi Nuh, kaum ’Ad, kaum Tsamud, kaum Nabi Luth dsb.

“Maka masing-masing (mereka itu) Kami SIKSA disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya HUJAN BATU kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa dengan SUARA yang KERAS yang mengGUNTUR, dan di antara mereka ada yang Kami BENAMkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami TENGGELAMkan, dan ALLAH sekali-kali tidak hendak mengANIAYA mereka, akan tetapi MEREKAlah yang mengANIAYA diri mereka sendiri.” (QS: Al ‘Ankabuut: 40)

Sahabat Fillah…
Ummat Nabi Muhammad berBEDA dengan ummat Nabi terdahulu,
Ummat terdahulu langsung mendapat BALASAN di DUNIA…

Tetapi Ummat Nabi Muhammad (sekarang) diberi TANGGUH…,
Jadi jangan BANGGA bila berbuat DOSA…
Dan ALLAH masih membukakan pintu-pintu RIZKI.

Jangan BANGGA bila berbuat DOSA…
Dan ALLAH masih memberikan keSEHATan BADAN.

Jangan BANGGA bila berbuat DOSA…
Dan ALLAH tidak memperLIHATkan DOSA-DOSA semasa di DUNIA.

Jangan BANGGA bila berbuat DOSA…
Dan ALLAH tidak mengHUKUMnya di DUNIA.

Jadi janganlah SILAU melihat orang yang berBUAT DOSA…
Tetapi ALLAH membukakannya pintu RIZKI,
ALLAH memberikannya keSEHATan BADAN,
ALLAH masih menjaga keMULIAannya,
Mereka BEBAS bergerak di DUNIA,
Dan ALLAH tidak mengHUKUMnya dengan SEGERA.

ALLAH swt berfirman :

“Janganlah sekali-kali kamu terperdaya oleh keBEBASan orang-orang kafir bergerak di dalam negeri. Itu hanyalah keSENANGan sementara, Kemudian tempat tinggal mereka ialah JAHANNAM; dan Jahannam itu adalah tempat yang seBURUK-BURUK-buruknya.” (QS: Ali Imran: 196-197)

“Dan janganlah sekali-kali orang-orang kafir menyangka, bahwa pemberian TANGGUH kami kepada mereka adalah lebih baik bagi mereka. Sesungguhnya kami memberi tangguh kepada mereka hanyalah supaya berTAMBAH-TAMBAH DOSA mereka; dan bagi mereka ADZAB yang mengHINAkan.” (QS: Ali Imran: 178)

“Kehidupan DUNIA dijadikan INDAH dalam pandangan orang-orang KAFIR, dan mereka memandang HINA orang-orang yang berIMAN. Padahal orang-orang yang berTAKWA itu lebih MULIA daripada mereka di HARI KIAMAT. Dan ALLAH memberi RIZKI kepada orang-orang yang dikehendaki-NYA tanpa batas.” (QS: Al Baqarah: 212)

“Dan Aku memberi TANGGUH kepada mereka. Sesungguhnya RENCANA-KU amat TEGUH.” (QS: Al A’raf: 183)

Dan katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (berIMAN) hendaklah ia berIMAN, dan barangsiapa yang ingin (KAFIR) biarlah ia KAFIR”. Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang-orang ZHALIM itu NERAKA, yang GEJOLAKnya MENGEPUNG mereka.
Dan jika mereka meminta MINUM, niscaya mereka akan diberi MINUM dengan AIR seperti BESI yang menDIDIH yang mengHANGUSkan muka. Itulah MINUMan yang paling BURUK dan TEMPAT ISTIRAHAT yang PALING JELEK.” (QS: Al-Kahfi :29)

####Semoga Kita Mendapatkan Hikmah Pelajaran Yang Banyak####

3 comments:

  1. saya juga lg stress krna saya umur 42 thn msh nganggur dan jomblo. dulu thn 2003 saat msh kerja saya sering dimutasi, diremehkan orang krna otak dan tenaga saya payah shg saya mengundurkan diri, nyari kerja lg baru sebentar dipecat krna tdk becus kerja. dulu saya kalau nyari jodoh sering ditolak cewe, diremehkan cewe, dibohongi teman, dimanfaatkan teman, diancam org, dipukul orang saat nyari cewe dll.. akibatnya saya selama 15 thn tiap hari marah marah, berkata kotor, susah tidur, kdng banting barang barang, sering berdoa yg buruk buruk dll. buka usaha kecil kecilan bangkrut, jualan online tdk laku.. apa saya kena gangguan ghaib? dulu kakek dan uwa saya paranormal sakti.. saya sdh 12thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah..dulu thn 2003 saat merantau ke bdg saya melamar cewe nama nya nur (andir ciparay), tp lamaran saya ditolak, saya sampai skrng blm mampu melupakan dia. yg bikin saya cinta mati dg nur krna dia cantik, pendiam, lugu, rajin sholat, tdk matre, jarang keluyuran, dia juga jadi tulang punggung keluarga krna ortu nya petani miskin. saya mengira nur jodoh saya, krna saya kalau ada di dkt dia hidup saya semangat, hati saya damai, tp ternyata dia cewe yg paling sulit saya dapatkan. saya ngejar dia 2 thn (2001-2003) tp saya ditolak habis habisan. saya bilang kpd dia saya tdk akan nikah atau akan bunuhdiri jika dia menolak saya terus, tp dia tetap menolak saya. nur mentang2 cantik shg sombong dan jual mahal. saya nyari yg lain gagal. saya ditolak lagi, dibohongi teman, dimanfaatkan teman dll. saya sdh pernah ditolak cewe 7x. bukan krna saya kurang ganteng tp krna saya cupu dan loyo. cewe suka cowo yg jantan atau yg mapan. saat nur sdh nikah saya sering kirim surat ancaman kpda dia shg dia keguguran 3x krna sakit hati, kemudian thn 2009 dia cerai dg suaminya dan nur mencari cari saya supaya saya melamar dia, tp saya tdk berani datang krna saya yg merusak rumah tangga dia. selain itu saya sdh di kampung tdk merantau ke bdg lagi. tp saya sdh minta maaf kpd nur lwt surat. krna dulu saya lg stres berat krna saya merantau ke bdg sering dijahati org dan sering ditolak cewe. kemudian saya pulang kampung saya nganggur dan jomblo berthn thn.

    ReplyDelete
  2. Ngomongin susah dan ga susah, tau ga sih temen-temen kalo ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkan orang jadi sulit kaya. Selengkapnya, cek di sini: penyebab sulit kaya

    ReplyDelete