Friday, August 15, 2014

Download Citra Gratis dengan ArcGIS 10


Hai bro disini saya menulis posting sekalian untuk membantu kalian yang sedang kebingungan dalam mendapakan citra satelit baik untuk mahasiswa yang lagi skripsi, penelitian, praktikum atau apapun yang membutuhkan citra satelit dengan resolusi yang baik ini silahkan disimak dengan baik. Perlu diketahui bahwa Citra yang diambil berasal dari Bing Maps.
Dengan syarat tentu kita sudah harus menginstal software ArcGIS 10 dan memiliki koneksi internet. Untuk menampilkan citra di ArcGIS juga memerlukan sebuah ekstensi Tambahan bernama "ArcBruTile".

Silahkan Download disini, 
 http://www.4shared.com/rar/uKiM06NIce/ArcBruTile_033.html
Password : GeodetUndip

Jika sudah di download, silahkan instal kemudian buka ArcGIS. Berikut cara memunculkan ekstensi "ArcBruTile".


Setelah muncul, disitu ada beberapa pilihan sumber data yang bisa dipakai, tinggal klik pada toolbar ArcBru Tile sesuai kebutuhan, biasanya saya pakai Bing dan ada dua pilihan Road dan Aerial (Citra Satelit). Tapi perlu diingat bahwa tidak semua daerah ada disitu. Berikut tampilan awal.
 

Zoom in pada area yang ingin di download, Maksimum skala yang diperkenankan untuk menampilkan citra satelit resolusi dari Bing Maps di ArcGIS Desktop 10 adalah 1:2.000 Berikut contohnya.


Langkah ke dua anda klik pada menu File dan klik Export Map, muncul tampilan window export Map,

pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan, syarat agar citra langsung tergeorefensing yaitu format yang dipilih adalah “TIFF (*.tif)” 


hasilnya sebagai berikut


Namun saya juga tidak tau tahun perekaman citra tersebut sehingga saya hanya membadingkannya dengan citra lain. Saya bandingkan pada keberadaan taman Fakultas FISIP undip.

Citra Bing maps tahun ???? (tidak diketahui) :
Terlihat bahwa taman Fakultas FISIP undip sedang dibangun....

Citra Quickbird tahun 2010 :
taman Fakultas FISIP undip belum dibangun....


 Citra Google Earth tahun 2014 :
 Terlihat bahwa taman Fakultas FISIP undip sudah dibangun....

Kesimpulannya : Citra dari Bing Maps yang telah saya download melalui ArcGIS merupakan citra perekaman antara tahun 2010 sampai 2014.

####SEMOGA BERMANFAAT####

13 comments:

  1. Joos le..bermanfaat...lanjutkan!!
    Satu Semangat Maju Jaya!!

    ReplyDelete
  2. arcgis nya yg saya pakai hasil crack, ga work gan. tq

    ReplyDelete
  3. makasih infonya., sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  4. gan, klo arcgis 10.5 support gk sama arc bluetile

    ReplyDelete
  5. Apa ini sekedar download gambar atau sama sistem koordinatnya,kenapa hasilnya tidak pas dengan posisi file SHP yg saya punya. kalau sekedar pengen nampilkan citra di Arcgis tidak usah pakai ArcBruTile tapi pilih saja pada menu "Add Data" disana ada pilihan "Add Basemap" maka yang keluar sama saja dgn memakai Ekstensi ArcbruTile. kalau ada cara lain saya tunggu,.. trims, sukses

    ReplyDelete
  6. mas, mau tanya . kalo gabisa install gimana ?

    ReplyDelete