Sunday, April 20, 2014

Stabilitas Iman by arifin ilham

"Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar" 


Iman kita ini turun naik, berbeda dengan iman nya para rasul, para anbiya' dan para aulia, dimana mereka imanya terus naik. Ketika diuji dengan nikmat mereka bersyukur dan diuji dengan musibah mereka bisa sabar, ketika semakin berat beban yang diberikan maka semakin tinggi iman mereka. Karena memang mereka pilihan Allah SWT. Iman para malaikat juga stabil karena pekerjaanya dzikir dan taat kepada Allah SWT karena dan tidak diberikan nafsu kepada mereka. Sedangkan kita sebagai mukmin hanya manusia biasa, dimana iman kita akan selalu naik-turun. Bahkan lebih mudah turun daripada naik iman kita dan lebih mudah melemah daripada kuat. Ibarat naik gunung akan terasa berat saat naik dan mudah saat turunnya, seperti membangun rumah itu sulit dan butuh waktu lama namun menghancurkanya mudah dan sebentar.
Maka agar menjaga iman kita agar selalu terjaga dan tetap stabil ada beberapa kuncinya yaitu:
1. Terus belajar Al Quran dan Sunnah
Ilmu yang kita daat akan memperkuat iman kita sehingga mendorong kita untuk beramal dan akan melahirkan hikmah-hikmah. Jangan berhenti untuk selalu belajar Al Quran dan Sunnah. Hal in dapat dilakukan dengan selalu datang ke majlis ilmu dan majlis dzkir.
2. Berkumpul dengan hamba Allah yang Sholeh
Ketika kita berkumpul dengan hamba Allah yang sholeh akan ada energi ke sholehan, ada energi ibadah, ada energi beramal dan energi kemuliaan akhlak dapat berupa nasehat dalam kebaikan, kesabaran, dan dalam kasih sayang. Mungkin ketika kita ngomongin kejelekan orang maka orang sholeh itu akan berdehem, ketika kita makan dengan tangan kiri dia akan tegur, kalau dia merokok dia akan mengingatkan bahaya makruh itu dihadaan Allah SWT.
Lalu dekat dekat ulama yang istiqomah, yang bicaranya selaras dengan amalnya, mereka itulah hamba allah yang istiqomah yang mudah ditemukan dimasjid karena mereka senang sholat berjamaah dan istiqoh dengan janjinya. Allahuakbar, dekatilah dengan ulama yang istiqomah, jadilah muridnya, dan simaklah fatwa-fatwa nya.
 
Kemudian ilmu yang kita dapat dari kajian, duduk di majlis ilmu, nasehat dari ulama, maka amalkanlah karena akan memberikan banyak hikmah. dan tidak ada hikmah yang paling dirindukan oleh orang beriman yaitu meningkatkan iman dari menjaga iman.
"Karena iman dia sholat malam, karena sholat malam tambah kuat iman mereka. Karena iman dia mentadaburkan Al Quran, karena mentadaburkan Al Quran maka bertambah imanya. Karena iman dia berjamaah di masjid, karena berjamaah di masjid bertambah kuat iman mereka. Karena iman dia sholat dhuha, karena sholat dhuha bertambahlah imannya. Karena iman dia jaga wudhu karena wudhu bertambah imannya. Karena iman dia berdzikir, karena berdzikir bertambah kuat imannya. Karena Iman dia sedekah, karena sedekah tambah kuat imannya, karena iman dia berpuasa, karena berpuasa maka jadilah hamba yang bertaqwa".

0 comments:

Post a Comment