Tuesday, March 18, 2014

Membuat Peta Lereng di ArcGIS 10

Proses membuat peta lereng menggunakan software ArcGIS 10. Peta lereng dibuat dari garis kontur ketinggian yang ada pada Peta Topografi Kabupaten Boyolali. Peta lereng kemudian diklasifikasikan menjadi kelas – kelas tertentu. 
Berikut adalah proses membuat peta lereng :
a.  Menyiapkan kontur


 b Konversi dari Feature ke TIN
Triangulated irregular network (TIN) adalah struktur 3D yang merepresentasikan permukaan dengan membangun jejaring segitiga. Lakukan konversi Feature ke TIN dengan ekstensi 3D Analyst. Cari di menu Arc Toolbox > 3D Analyst Tools > TIN Management > Create TIN.


c.  Konversi TIN ke Raster
Selanjutnya kita konversi TIN ke format Raster (GRID). Klik pada menu Arc Toolbox > 3D Analyst Tools  > Convertion > From TIN > TIN to Raster.

-   Tentukan Input : TIN
-   Attribute yang akan ditransfer:  Elevation
-   Z factor : 1
Output raster: C:\c2slope\raster


d.  Membuat Kelerengan (slope) 
 Kita perlu melakukan konversi dari data ketinggian menjadi kelerengan. Hal ini salah satunya bisa dilakukan dengan 3D Analyst. Klik pada menu Arc Toolbox > 3D Analyst Tools  > Terrain and TIN Surface  > Slope.

-   Pilih Input raster : raster

-   Output measurement : percent
-   Z factor : 1
-   Output raster :  C:\c2slope\slope

  d.  Reklasifikasi Raster

Data yang dihasilkan pada langkah sebelumnya adalah format raster yang belum diklasifikasi. Peta Kelerengan biasanya dinyatakan dalam interval kelas, sehingga selanjutnya melakukan klasifikasi Raster. Klik pada menu Arc Toolbox > 3D Analyst Tools  > Raster Reclass > Reclassify.
Buat klasifikasi seperti digambar berikut:

Klik OK untuk menjalankan proses


e.  Mengubah Data Raster Menjadi Vektor
Klik pada menu Arc Toolbox > Conversion Tools – From Raster – Raster to Poligon. Hasil masih perlu dilakukan generalisasi karena banyaknya poligon kecil yang dapat mengurangi kejelasan informasi nilai kelas lereng Klik pada menu Arc Toolbox > Data Management Tools > Generalization > Eliminate dan untuk menghaluskan poligon dengan cara Smooth Polygon Klik pada menu Arc Toolbox > Editing Tools > Generalization. Pilih metode dan smooth tolerance-nya.  Dan hasil yang didapatkan setelah dipotong sesuai batas administrasinya dengan proses clip tampak pada gambar dibawah ini


 

1 comment: